; Catatan Kita: 5 Atlet MMA Profesional Yang Menggunakan Silat

Monday, March 18, 2019

5 Atlet MMA Profesional Yang Menggunakan Silat

Inilah 5 Atlet MMA profesional yang menggunakan Silat pada saat bertarung di atas ring. Silat merupakan seni beladiri dari tanah air yang tersebar juga di Malaysia, Singapura, Filpina, Brunai dan juga Thailand. Bahkan sekarang Vietnam pun juga ikut mempelajari dan telah mencetak pesilat pesilat tangguh. Berkat pelatih dari Indonesia jugalah Vietnam bisa mencetal atlet pesilat tangguh.


Dalam Asian Game 2018 Indonesia meraih medali emas terbanyak dari cabang pencak silat. Lewat induk yang menaungi pencak silat yakni Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia atau IPSI Indonesia bisa mengibarkan kemenangan di Asian Games 2018. Dan tak lepas berkat gigihnya atlet altel pencak silat Indonesia.

Pencak silat sendiri merupakan seni bela diri tradisional yang memerlukan konsentrasi tinggi. Dalam pencak silat terdapat pengaruh budaya Cina, Hindu, Budha dan juga Islam. Di Indonesia sendiri biasanya pencak silat memiliki alirah atau ciri khas tersendiri menurut daerah masing masing. Contohnya di Jawa Barat terkenal dengan silat Cimande atau Cikalong. Jawa tengah dengan aliran Merpati Putih sedangkan Jawa Timur dengan aliran Perisai Diri.

Seni bela diri silat sendiri ternyata banyak di minati dan dipelajari oleh banyak atlet bela diri di seluruh dunia. Terlebih setelah Iko Uwais membintangi film fenomenal asli Indonesia yakni The Raid yang tayang di beberapa negara di dunia bahkan di Amerika dan disandingkan dengan film film Holywood lainnya.

Dok foto : tutorialspoint.com

Saat ini silat juga di aplikasikan pada turnament bela diri terkenal yakni MMA atau Mixed Martial Arts, atau olahraga kontak yang memperbolehkan bertarung dengan berbagai macam bela diri dan berbagai macam teknik pertarungan. Pada turnament MMA profesional ternyata ada atlet atlet profesional yang ternyata menggunakan teknik pencak silat sebagai teknik pertarungan mereka di atas ring.


Wah hebat juga yaa pencak silat ini, siapa saja atlet MMA profesional yang sering menggunakan pencak silat pada saat bertarung di atas ring. Berikut 5 atlet MMA profesional yang menggunakan silat pada saat pertarungan di atas ring menurut catatan kita.

1. Heam


Heam berasal dari negara gajah putih Thailand, Heam bergabung dengan tim Nusantara untuk bertarung di arena MMA. Heam terkenal dengan teknik bertarung yang menggunakan silat pada setiap pertarungannya. Dengan percaya diri Heam melakukan gerakan silat dengan diselingi tarian khas pencak silat. Dengan teknik bela diri silat ternyata Heam bisa mengalahkan lawan lawan nya bahkan lawan yang mempunyai postur tubuh lebih besar dari dirinya.

2. Abdul Malik Ahmad

Dok foto : silat-virginia.com

Abdul Malik Ahmad adalah satu petarung pro MMA yang sering menggunakan silat pada pertarungannya. Abdul Malik adalah seorang Warga Negara Amerika dan sekaligus sebagai Vice President Federasi Pencak Silat Amerika. Abdul Malik telah mempelajari silat sejak Dia berumur 15 tahun, dan juga membuka perguruan pencak silat di Virginia Amerika.

Bahkan saat ini perguruan silat Abdul Malik sudah mempunya lebih dari 100 murid yang belajar pencak silat kepadanya. Abdul Malik juga seorang Warga Amerika pertama yang mengikuti kejuaraan pencak silat di Indonesia dan Thailand.

Kehebatan nya bertarung dengan teknik silat di atas arena telah dibuktikan dengan mengalahkan seorang atlet MMA Pro Alex Kochtarika.

3. Cheick Kongo

Dok foto : mmafighting.com

Cheick Kongo atau yang bernama lengkap Cheick Guillaume Oudraogo adalah seorang profesional MMA. Dia mantan petarung Kick Boxer asal Perancis dan juga seorang petarung tangguh yang bermain di UFC. Cheick Kongo pernah menggunakan beladiri silat pada saat bertarung di MMA profesional.

4. Riski Umar 

Dok foto : tapology.com

Seorang petarung muda MMA asal Indonesia ini memilih berhenti kuliah. Dan sekarang Riski Umar berhasil menjadi petarung muda profesional MMA. Pemuda berusia 25 tahun itu kini tampil memukau di ajang One Championship, dan yang menarik teknik yang dipakai Riski Umar untuk bertarung adalah beladiri pencak silat.

5. Elvis Sinosic

Dok foto : en.wikipedia.org

Saat ini Elvis Sinosic memang sudah pensiun dari dunia pertarungan bebas atau MMA. Namun Dia sangat dikenal karena tugas tujuh pertarungannya di UFC ( Ultimate Fighting Championship ). Dia merupakan warga negara Australia. Disebutkan juga Elvis sering memakai seni bela diri pencak silat ketika bertarung di atas ring. Tidak diketahui Elvis mempelajari pencak silat dari mana namun Dia terlihat menyukainya. Kini Elvis sendiri menjadi pembawa acara dan komentator di salah satu acara MMA.

Nah itulah 5 atlet MMA Profesional yang sering menggunakan pencak silat pada pertarungan nya sahabat. Terimakasih untuk sahabat catatan kita yang budiman, dermawan dan bijaksana. Semoga tidak bosan yah berkunjung di catatan kita, bila sahabat tertarik dengan artikel artikel catatan kita share atau bagikan kepada sahabat sahabat lainnya, terimakasih.

Sumber referensi :
1. https://youtu.be/J0M84YtdfLQ
2. wikipedia.org 




No comments:

Post a Comment