; Catatan Kita: Cara Mudah Menarik Pembeli Di Internet

Monday, March 25, 2019

Cara Mudah Menarik Pembeli Di Internet


Strategi menarik pembelindi internet (pexels.com)

Cara mudah menarik pembeli di internet - Tidak dipungkiri, saat ini internet berpengaruh signifikan baik untuk kegiatan sosialisasi, hiburan, maupun bisnis. Era digital saat ini sangat berkembang pesat dimana hampir setiap orang sudah pasti mempunyai akun di internet, baik itu akun media sosial, akun bisnis, akun pesan elektronik. Apalagi perangkat gadget di zaman sekarang sudah pasti mengharuskan kita membuat akun pesan elektronik atau email.

Nah peluang inilah yang sangat berpotensi untuk kita bisa meraup pundi pundi rupiah di internet. Ada banyak cara menghasilkan uang di internet. Salat satu nya adalah berjualan online, cara ini di anggap paling stabil untuk kita menghasilkan uang di internet. Tentunya tidak serta merta kita jualan online dan langsung dapat pembeli. Ada cara dan tips bagaimana kita menarik pembeli di internet.

Hal mudah dan mendasar bagaiamana cara menarik pembeli di internet adalah, kita harus tau keinginan atau minat konsumen. Hal ini penting karena target pemasaran kita menjadi terukur dan tepat sasaran, misalnya apabila produk yang kita jual adalah produk kecantikan atau kosmetik maka sasaran yang tepat tentunya adalah perempuan. Nah berikut cara mudah menarik pembeli di internet menurut catatan kita.

1. Buat klasifikasi pembeli

Membuat klasifikasi pembeli berdasarkan prospecting (pexels.com)

Pada tahap ini, lakukan riset sederhana, yakni mana saja pengguna internet yang berpotensi jadi pelanggan kita. Pertama tama tentukan target pembeli potensial, misalnya saja produk yang kita jual adalah kosmetik. Kita lakukan riset sederhana saja, dengan cara gabung di group kosmetik yang ada di facebook, cari jumlah group yang sudah memiliki lebih dari 100.000 anggota. Orang orang atau pengguna facebook yang join dengan group tersebut sudah pasti mempunyai minat tehadap kosmetik. Jadi sudah pasti itu adalah target pembeli potensial kita yang sutu saat akan menjadi pelanggan kita. 

Lakukan interaksi rutin di group tersebut, tapi ingat jangan sekali kali kita langsung menawarkan produk. Lakukan interaksi tanya jawab, ikut berkomentar, memberikan tipstips seputar produk kosmetik. Lakukan dengan rutin sampai nama anda cukup dikenal di group tersebut. Selanjutnya anda bisa lakukan atau share rekomendasi produk dan review produk yang anda pakai, tentunya itu produk yang anda jual juga.

Setelah terlihat cukup banyak respon dari anggota group anda bisa menawarkan produk anda secara halus. Misalnya, Setelah anda melakukan share tips atau review anda sarankan ke anggota group untuk memakai produk yang anda review tersebut. Cukup katakan, " saya sudah pakai produk ini selama 3 tahun sist, hasilnya nyata dan aman untuk kesehatan kulit. Sis mau coba kebetulan aku dapat promo harga lho kalau sist ikut beli di aku".

Membuat klasifikasi adalah salah satu strategi menarik pembeli di internet (pexels.com)

Nanti setelah itu akan ada anggota yang bertanya tanya, anda cukup arahkan anggota untuk melihat produk anda di website anda atau di akun marketplace anda. Bila orang sudah tertarik dan sudah punya niat beli orang tersebut sudah masuk kategori prospek. Kategori ini artinya orang tersebut sudah ada rencana beli produk tapi belum menentukan brand atau merk produk tersebut.

Pada tahap ini anda lakukan pendekatan dan gali kebutuhan pembeli tersebut. Ternyata kebutuhan dia adalah produk yang memang harganya murah dan kuantitas nya banyak. Bila dirasa cocok dengan produk anda lakukan penjelasan singkat terhadap produk anda. Setelah orang tersebut menentukan produk apa yang akan dibeli dan memutuskan membelinya dari anda, orang tersebut sudah masuk kategori Hot Prospek.

Setelah terjadi transaksi, orang tersebut sudah menjadi konsumen anda. Walaupun sudah membeli anda tetap harus melakukan maintanance atau hubungan baik dengan pembeli tetap harus dijaga. Ini penting karena apabila konsumen kita puas dia akan melakukan repeat order atau pembelian kembali dan sudah dikategorikan sebagai pelanggan tetap. Dan ini akan memeberikan anda keuntungan kedepannya, yakni kita mengincar referensi dari pelanggan kita itu.

2. Buat Promosi dengan sasaran yang tepat

Promosi online lewat media sosial dan dapatkan trafic kunjungan ke situs jualan anda (pexels.com)


Setelah cara pertama anda lakukan dengan rutin, anda harus melakukan cara kedua. Cara pertama yang kita bahas di atas adalah cara organik atau disebut dengan cara konvensional. Kenapa kita masih pakai cara konvensional?. Karena cara ini akan menghasilkan database yang termasuk kategori jangka panjang. Umumnya bila kita berbisnis atau berjualan, sampai saat ini cara konvensional atau database adalah cara terbaik. Kita bisa melakukan folow up rutin dan menghasilkan referensi dalam jangka waktu yang panjang. Referensi adalah cara berjualan yang paling kuat, terdapat emosional yang mendalam dan salah satu cara terbaik menarik pembeli dari internet.

Cara yang kedua yang akan kita bahas adalah dengan melakukan promosi tertarget. Promosi dengan sasaran yang tepat akan menarik pembeli di internet. Ada banyak promosi yang dapat kita lakukan untuk menarik pembeli di internet. Mungkin juga sebagaian besar sahabat sudah tahu caranya, catatan kita akan memberikan tools nya saja, untuk pembahasan lebih detailnya akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Sarana promosi online bisa menggunakan google ads atau facebook ads (pexels.com)

Promosi ini bisa dilakukan dengan memasang iklan berbayar, tentunya sahabat sudah punya website jualan sendiri atau bisa juga dengan mempromosikan akun toko online di marketplace. Promosi bisa dilakukan dengan pasang iklan di google, facebook ataupun instagram. Lakukan promosi dengan target yang sesuai dengan produk yang anda jual.

Misalnya kita melakukan promosi lewat facebook ads, kita bisa melakukan setelan promosi sesuai keinginan kita. Mulai dari umur, hoby, minat dan keinginan target yang kita sasar. Ini sangat penting karena akan sangat efektif bila kita menyasar pembeli yang sesuai dengan kriteria produk kita. Apabila produk kita merupakan produk kosmetik, coba cari orang yang memang suka dengan kosmetik, suka dengan minat gaya dan style. Dan tentunya tentukan umur serta gender yang akan menjadi sasaran promosi kita.

Itulah cara terbaik menarik pembeli di internet menurut catatan kita. Ini merupakan cara dasarnya saja, ada banyak cara yang sangat detail bagaimana cara kita mendapatkan banyak pembeli di internet. Untuk pembahasan secara detail catatan kita akan membahasanya di artikel selanjutnya secara terpisah.

No comments:

Post a Comment