; Catatan Kita: Cara Terbaik Untuk Berhenti Merokok

Thursday, March 21, 2019

Cara Terbaik Untuk Berhenti Merokok

Cara terbaik untuk berhenti merokok menurut catatan kita - Merokok memang sesuatu yang sudah lazim yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat kita. Dalam sehari saja, seseorang bisa menghabiskan minimal satu bungkus rokok. Bisa kita bayangkan apabila 30% penduduk Indonesia adalah perokok, maka sudah bisa dihitung bukan berapa bungkus rokok yang dibakar setiap harinya. Berbagai riset dan penelitian sudah banyak membuktikan bahwa merokok berdampak buruk bagi tubuh manusia.


batangan rokok, foto : pemeriksaanpajak.com

Berbagai penyakit bisa timbul pada tubuh seseorang apabila terus menerus dibumbui asap rokok. Apalagi untuk perokok pasif, dampak nya dua kali lipat daripada perokok aktif. Merokok dikategorikan ke dalam dua kategori, yakni eorang yang merokok aktif atau disebut perokok aktif, dan seseorang yang merokok pasif atau perokok pasif.

Perokok aktif adalah seseorang yang merokok secara langsung, dia menghisap asap rokok secara langsung. Sedangkan perokok pasif adalah seseorang yang terkena dampak dari asap rokok orang lain, inilah yang lebih berbahaya dampaknya. Karena selain terkena paparan asap rokok, perokok pasif juga berdampak terpapar penyakit dari perokok aktif yang ditularkan lewat asap rokok. Menurut riset WHO ( Organisasi PBB yang menaungi masalah kesehatan di dunia ) menyatakan bahwa 30% penderita penyakit paru paru adalah perokok, dan 20% nya adalah perokok pasif. Nah sangat berbahaya sekali kan sahabat dampak dari asap rokok ini, tapi apakah ada cara yang terbaik untuk seseorang bisa berhenti merokok.

salah satu penyebab stroke adalah rokok dok foto: medanlife.com

Untuk bisa berhenti merokok sepenuhnya memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, saya sendiri dulu adalah perokok berat. Cara terbaik untuk berhenti merokok yang saya ceritakan ini adalah dari pengalaman pribadi saya sendiri, dan di tambah dengan tips tips dari referensi teman yang sebelumnya juga sudah bisa berhenti merokok. Dibutuhkan tekad dan niat yang kuat untuk bisa berhenti merokok sepenuhnya. Dan yang paling utama adalah konsistensi tinggi serta motivasi dari orang terdekat sangat membantu dan cukup ampuh untuk kita bisa berhenti merokok secara total. Motivasi disini bukan hanya dari suport atau dukungan penuh orang terdekat, tapi juga motivasi yang membuat kita bisa mengalihkan pikiran dan juga uang yang kita punya agar tidak dibelikan rokok.

Sahabat mungkin pernah mendengar cerita, jika seandainya satu bungkus rokok harganya Rp.20.000 dan kita sehari bisa menghabiskan dua bungkus rokok maka sudah bisa dihitung pengeluaran kita hanya untuk rokok saja sudah Rp. 40.000 /hari. Dan coba kita kalikan selama satu bulan penuh, tentunya kaget bukan, jumlah nya Rp. 1.200.000/bulan dihabiskan hanya untuk rokok. Ini hanya hitungan berdasarkan pengalaman pribadi, setiap orang pasti berbeda beda dlam mengkonsusi rokok setiap harinya. Bisa kita bayangkan jumlah sebanyak itu bila kita tabung setiap bulan, dalam satu tahun kita sudah bisa membeli motor baru.

Ilustrasi, foto dok : investasu.kontan.co.id

Tapi semua itu kembali lagi kepada diri masing masing, disini saya bukan berarti memaksa sahabat catatan kita untuk mengikuti saya berhenti merokok. Saya hanya menyarankan saja, jika saya bisa berhenti sahabat pun pasti bisa. Tentunya semua itu juga harus didasari niat yang kuat, bukan karena ikut ikutan orang lain berhenti merokok, karena setiap orang mempunyai niat dan tujuan berbeda. Untuk sedikit masukan, saya sendiri termotivasi berhenti merokok setelah saya dianugrahi seorang putri cantik, usianya kini menginjak 16 bulan. Pernah suatu saat anak saya terkena flu, seorang bayi yang begitu lemah terkena penyakit flu saja sudah sangat membuat di menderita. Setiap malam merengek karena hidung tersumbat dan batuk batuk, setelah diperiksa ke dokter ternyata memang hanya demam dan flu biasa dan sedikitnya memang terkena paparan asap rokok. Yang disesalkan adalah anakku bukan terkena paparan asap rokok saya sebagai ayahnya, melainkan asap rokok orang lain yang merokok seenaknya di dalam rumah saat saya berkunjung ke rumah mertua.

rusaknya organ tubuh karena rokok Dok foto: portalcirebon.com

Bisa sahabat bayangkan bukan, saya dengan hati hati selalu menjaga kebersihan badan agar bau rokok tidak terhisap oleh anak saya, dan setiap merokok saya selalu menjauh dari rumah serta selalu bersih bersih setiap habis merokok. Karena saya tidak ingin anak saya terkena asap rokok. Apa sahabat bisa tega bila melihat seorang bayi batuk batuk dan nangis setiap malam tidak bisa tidur? Itulah yang saya rasakan dan menjadi motivasi tersendiri supaya saya bisa sepenuhnya berhenti merokok. Setelah kejadian tersebut saya mencari cara terbaik untuk bisa berhenti merokok. Mungkin ini adalah cara terbaik saya bisa berhenti merokok, mudah mudahan juga bisa jadi cara terbaik pula untuk sahabat semua yang sudah ada niata berhenti merokok.

Nah berikut saya bagikan cara terbaik untuk berhenti merokok menurut catatan kita yang di ambil dari pengalaman pribadi, semoga bisa bermanfaat ya sahabat.

1. Kuatkan Tekad dan Niat

Cara terbaik untuk berhenti merokok pertama pertama adalah, kita kuatkan tekad dan niat kita, apa tujuan dan motivasi kita untuk berhenti merokok. Sahabat coba rangkum beberapa motivasi sahabat atau keinginan sahabat dalam 1 tahun ke depan. Tulis di buku catatan kecil, misalnya saja satu tahun ke depan saya ingin membeli laptop atau komputer dengan spesifikasi terbaik. Hitung dana atau budget untuk membeli barang tersebut, setelah ada angkanya sahabat cukup break down harus brapa sahabat menyisihkan uang per bulan agar dalam 1 tahun sahabat bisa membeli laptop tersebut. Ini adalah cara terbaik menurut saya, karena saya sendiripun melakukan hal ini. Setiap hari saya simpan uang untuk membeli rokok, saya sendiri menghaiskan hinggga dua bungkus rokok per hari. Maka saya simpan uang 40 ribu saya di tempat yang telah saya siapkan. Pertama melakukan hal itu saya sendiri sempat tidak konsisten, sehari dismpan sehari kemudian dibelikan rokok lagi. Tapi saya tetap melakukannya hingga saya bisa setiap hari menyimpan uang tersebut.

kuatkan tekad berhenti dok foto id.wikipedia.org

Yang terpenting adalah, tetap kuatkan tekad dan niat walaupun susah. Saya selalu memikirkan hal hal yang menyenangkan bersama anak saya, hal itulah yang membuat saya bisa konsisten menyimpan uang yang awalnya untuk membeli rokok. Pikirkan kesehatan masa depan kita, kita tidak pernah tau sakit bisa datang kapan saja. Dan untuk menembus sampai bisa menguatkan tekad dan konsistensi kita juga perlu suport dari orang terdekat seperti keluarga, istri, ayah, ibu, atau adik. Saya sendiri selalu mendapatkan suport dari istri dan keluarga. Dengan sendirinya istri selalu memberi motivasi kuat, memberi suport kuat dan selalu memberikan pujian kepada saya. Pujian yang dimaksud adalah karena waktu masih jadi perokok badan saya selalu bau, dan istri enggan dekat dekat karena takut terpapar asap dan takut nanti kena ke bayi.Itulah cara terbaik untuk berhenti merokok.

2. Selalu siapkan sesuatu yang bisa menjadi pengganti rokok

Nah ini yang saya terapkan setiap hari sahabat, hehehe. maksudnya selalu siapkan sesuatu yang bisa menjadi pengganti rokok itu apa?. Sederhana tentunya, coba pikirkan apa alasan kita merokok? Mungkin ada beberapa alasan yang sudah familiar, misalnya saja sudah kecanduan, kalau tidak merokok tidak enak, apalagi sehabis makan. Atau mungkin merokok bisa menghilangkan bosan jika kita sedang beraktifitas atau sedang menunggu. Selain itu alasan merokok adalah teman yang tepat bila kita sedang berbindang bincang dengan kerabat, dan  masih banyak lagi alsan alasan lainnya. 

ganti rokok dengan yang lain. Dok foto pelangilollicandy.com

Jika memang alasan tersebut adalah alasan wajib, maka mengapa tidak coba saja ganti rokok dengan sesuatu yan fungsinya sama. Saya sendiri disni mencoba beberapa kali apa yang cocok untuk pengganti rokok sehingga kita bisa berhenti merokok. Pertama saya coba dengan permen karet, masih tidak cocok rupanya, selanjutnya dengan cemilan seperti snack, kacang, atai coklat. Ternyata masih tidak cocok juga, bahkan sempat juga saya ganti dengan vape atau rokok elektrik tapi hasilnya nihil malah lebih boros.

Cara terbaik untuk berhenti merokok saya adalah dengan mengganti rokok itu sendiri, akhirnya saya pakai permen yang ada sticknya, maaf tidak bisa menyebutkan merknya yah. Silahkan cari saja diwarung banyak yang menjual permen yang ada stick nya dengan berbagai pilihan rasa. Setiap saya bepergian saya selalu membawanya, awal awal memang sehari bisa sampai habis 10 pcs, namun kini paling hanya 5 pcs sehari. Karena saya berpikir terlalu banyak mengkonsumsi permen yang mengandung gula juga tidak baik untuk kesehatan.

3. Siapkan tempat rahasia untuk kita menyimpan uang yang akan ditabung


gunakan tempat yang tidak mudah dibuka
Dok foto rumahkadoonline.com

Penting sekali untuk menyiapkan tempat menyimpan uang atau pakai celengan juga bisa, pilih tempat yang tidak bisa dibuka dengan mudah. Beri tulisan tersendiri menurut tujuan sahabat masing masing. Saya sendiri memakai celengan kaleng yang sengaja saya beli, tidak ada celah untuk dibuka dan sangat rapat. Hanya ada lubang kecil untuk memasukkan uang. Alhamdulillah sekarang sudah konsiten terisi karena sudah tidak merokok, dan tinggal menunggu waktunya saja untuk dibuka. Usakan masukkan uang sesuai nomial harga rokok, misal harga rokok Rp.20.000 masukan uang pevahan 20.000 saja. Sehingga kita akan terbiasa setiap ada pecahan 20.000 wajib dimasukkan dulu ke dalam celengan itu. 

4. Catat setiap hari 

Mecatat ini sangat penting, karena kita bisa tahu setiap hari kita masukkan uang itu atau tidak, atau ada yang terlewat pada hari tertentu kita tidak memasukkan uang. Bila ada yang terlewat saya suka menggantinya dihari berikutnya, ini saya lakukan agar tidak mengurangi disiplin saya. Bahkan kadang kadang saya kelebihan memasukkan uang, karena saya masukkan uang berdasarkan biaya rokok saya per hari yakni 40.000 ( dua bungkus rokok seharga 20.000 x 2 ).

5. Banyak makan cemilan

solusi pengganti roko. Dok foto islamidia.com

Makan camilan ini seharusnya tidak berlanjut menjadi kebiasaan ,karena sesuatu yang berlebihan mungkin tidak baik untuk kesehata tubuh kita. Lakukan pada awal awal kita ingin berhenti merokok saja. Saya selalu makan camilan setiap siang dan malam hari saja. Setiap belanja atau ke warung saya sempatkan beli camilan kecil baik berupa snack atau biskuit.

6. Jangan malu bilang kepada teman

Terakhir tips saya yang tidak kalah penting dan salah satu cara terbaik untuk berhenti merokok adalah jangan malu untuk bilang kepada teman, kerabat atau saudara yang dulu sama sama merokok bahwa kita mulai berhenti merokok. Ini penting supaya kita tidak terbawa dan tergoda lagi ajakan teman yang masih merokok. Karena kadang kadang ada saja teman yang mengejek kita. Tegaskan dengan baik dan tanpa menyinggung perasaan teman, cukup bilang saya sudah berhenti merokok.

Itulah pengalaman saya dan cara terbaik untuk berhenti merokok yang saya terapkan mulai dari awal sampai sekarang bisa berhenti sepenuhnya. Memang tidak akan mudah untuk menjalankan cara cara ini, tapi minimal kita bisa mengurangi dulu jumlah konsumsi rokok setiap harinya, perlahan dan bertahap saja tidak apa apa. Jika sahabat biasa menghabiskan dua bungkus, coba kurangi menjadi satu bungkus setengah, terus menerus sedikit demi sedikit saja kurangi jumlah konsumsi rokoknya. Mudah mudahan artikel ini bermanfaat untuk sahabat catatan kita. Terimakasih.



No comments:

Post a Comment