; Catatan Kita: Fakta dan Mitos Seputar Kamar Mandi

Thursday, March 28, 2019

Fakta dan Mitos Seputar Kamar Mandi

Fakta dan mitos seputar kamar mandi - Hai sahabat catatan kita, kalau untuk urusan kamar mandi sahabat sudah tentu tidak asing lagi kan. Kira kira apa saja yang sahabat lakukan selama di kamar mandi selain keperluan mandi atau buang air. Banyak pastinya kegiatan kegiatan lain di kamar mandi yang pernah sahabat lakukan. Apalagi kalau sahabat berjiwa penyanyi, sudah pasti deh satu atau dua lagu dinyanyikan di sela sela mandi atau buar air.


Kamar mandi (pexals.com)

Banyak orang percaya bahwa sebaiknya kita jangan berlama lama di dalam kamar mandi, alasannya karena kamar mandi merupakan tempat yang kurang baik untuk kita berlama lama di dalamnya. Ada juga yang percaya bahwa jangan melakukan hal hal yang dilarang di kamar mandi.

Selain mitos tersebut menurut hadist bahwa kamar mandi ada tempat yang disenangi jin atau syetan. Makanya kita sebagai umat muslim baiknya jangan berlama lama dikamar mandi. Cukup lakukan kegiatan yang sewajarnya dilakukan di dalam kamar mandi.

Tapi mungkin untuk sebagian orang mengeluarkan ekspresi atau hobi di kamar mandi adalah hal biasa dan bermanfaat. Banyak sekali yang sering bernyari nyanyi di dalam kamar mandi, entah itu sedang mandi, atau sedang buang air.

Dari beberapa sumber dan pengalaman catatan kita, ada beberapa mitos dan fakta tentang kamar mandi dan hal hal apa saja yang di larang untuk dilakukan di kamar mandi. Inilah beberapa mitos dan fakta seputar kamar mandi yang telah dirangkum menurut catatan kita.

Dilarang mematikan lampu kamar mandi

Jangan biarkan kamar mandi gelap

Mitos :
Dilarang mematikan lampu kamar mandi walaupun tidak digunakan. Mitos ini sering kita dengar, bahkan jika kita bepergian pun lampu kamar mandi jangan di matikan. Banyak orang percaya bahwa jika lampu kamar mandi dimatikan, akan banyak sekali jin yang menempati kamar mandi tersebut. Waah sereeem juga yaa sahabat, benar atau tidaknya belum ada yang memastikan.

Fakta :
Kebenaran mitos jangan mematikan lampu di kamar mandi masih simpang siur hingga saat ini, tidak ada yang bisa memastikan kebenarannya. Namun jika dilihat sesuai fakta atau logika, mungkin supaya kamar mandi tidak lembab dan berbau. Karena cahaya dari lampu yang mengandung panas bisa membantu agar kamar mandi tidak lembab.

Jangan bernyanyi di kamar mandi


Ilustrasi bernyanyi di kamar mandi (pexals.com)

Mitos
Jangan bernyanyi di kamar mandi, mitos ini juga sudah sering kita dengar. Katanya kalau kita terbiasa bernyanyi di kamar mandi, suatu saat akan ada jin yang menirukan nyanyian kita. Waduh kalau hal ini sampai terjadi, pasti akan sangat menyeramkan bukan.

Fakta
Jika dilihat secara logika, faktanya adalah jika kita terbiasa bernyanyi di kamar mandi maka waktu yang akan digunakan akan lebih lama dari biasanya. Karena sejatinya tidak baik juga untuk kita berlama lama di kamar mandi, selalin berisik mungkin jika kamar mandi hanya satu maka akan sangat membuat orang lain kesal menunggu kamu di kamar mandi.

Jangan makan dan minum di kamar mandi


Ilustrasi makan dan minum di kamar mandi (pexals.con)

Mitos
Untuk hal ini catatan kita juga setuju banget, memang ga ada tempat lagi apa yah. Banyak juga orang yang mempunyai hobi unik dan nyeleneh, misalnya saja ketika sedang buang air besar biasanya ada juga orang yang sambil merokok, minum kopi atau ngemil. Aneh banget kan, yang ada pasti mual mual makan nya. Maka dari itu banyak mitos yang akan hal ini, katanya jika kita makan atau minum di kamar mandi, makanan atau minuman tersebut akan di makan juga oleh jin penunggu kamar mandi. Dan selanjutnya setiap kamu makan jin itu akan mengikutimu dan selaku ikut makan.

Fakta
Kalau dilihat secara ilmiah, faktanya adalah memang tidak baik dan kurang elok jika kita makan dan minum di kamar mandi. Terlepas sebersih apapun kamar mandinya tetap bukan tempat yang tepat untuk makan. Dan juga pasti akan mempengaruhi kualitas makanan dan minumannya, akan menjadi kurang sehat untuk kita konsumsi.

Nah itulah fakta dan mitos seputar kamar mandi menurut catatan kita, mungkin masih banyak lagi mitos mitos lainnya. Telepas benar apa tidaknya, kita harus memandang dari sudut pandang yang berbeda karena pasti ada makna secara fakta yang bisa menjelaskan semua itu.







No comments:

Post a Comment