; Catatan Kita: Ternyata Benar Terjadi, Inilah Mitos Yang Masih Dipercaya Sampai Saat Ini. Nomor 4 Paling Horor

Saturday, March 9, 2019

Ternyata Benar Terjadi, Inilah Mitos Yang Masih Dipercaya Sampai Saat Ini. Nomor 4 Paling Horor

Ternyata benar terjadi, inilah mitos yang masih dipercaya sampai saat ini. Sahabat catatan kita yang budiman, dermawan dan bijaksana. Pernah ga sih kalian dengar pepatah atau mitos dari orang tua, nenek, nenek moyang atau Buyut kita.

Pasti kalian sudah sering kan denger pepatah wejangan atau mitos seperti, " Nak jangan duduk di dekat pintu, nanti susah jodoh".

Nah seperti itulah kita sering mendengar nasihat dari orangtua kita, tapi apakah mitos itu atau nasihat itu benar benar terjadi pada diri kita yang melanggarnya. Disini catatab kita akan bahas semuanya dengan khidmat dan secara saksama.



Mitos adalah suatu kisah, cerita , yang memang turun temurun dari masa lampu yang selalu diturunkan dari sesepuh, buyut, nenek, sampai kepada orangtua kita. Dan pada akhirnya pasti sampai juga ke kita. Umumnya mitos bisa menceritakan suatu terjadinya alam, bentuk topografi, bahkan penghuni atau makhluk yang mendiami suati alam itu.
Nah mungkin itu gambaran kecil pengertian mitos itu sendiri.

 Dan masih banyak pemahaman pemahaman lain tentang mitos itu sendiri. Untuk di negeri kita tercintah ini sendiri banyak sekali mitos mitos yang melegenda dan menyebar dari mulut ke mulut. Dan bahkan tiap suati daerag mempunyai mitosnya sendiri sendiri yang khas dan tabu untuk dilanggar.

Terlepas kita mau percaya atau tidak, itu hak diri kita masing masing. Namun alangkah baiknya kita tetap menghormati nasihat orangtua yang memang berkaitan dengan mitos tersebut. Dan semua kebenaran tentang mitos itu semua rahasia Alloh SWT. Namun banyak juga yang mempercayai mitos mitos tersebut,  adakalanya beberapa masyarakat di suatu daerah memperingati atau menjalani upacara upacara tertentu yang berkaitan dengan mitos mitos tersebut. Dijaman yang modern ini kepercayaan terhadap mitos itu sendiri sudah mulai tergerus. Masyarakat era sekarang sudah banyak yang tidak memperdulikan dan tidak percaya terhadap mitos itu.

Nah langsung aja guys, ini dia beberapa mitos yang memang masih dipercaya dan banyak juga yang takut melanggar sampai saat ini. Apalagi kalau anak anak pasti percaya dan takut apabila melanggar mitos mitos tersebut, 

1. Dilarang menyapu di malam hari

Kalian pasti sudah sering mendengar mitos ini kan, atau kalian juga percaya sampai saat ini. Mitos ini memang selalu kita dengar dan banyak masyarakat selalu percaya sampai saat ini. Orangtua selalu menginatkan mitos ini baik kita sudah dewasa maupun saat anak anak. Namun terkadang kita tidak menyadari, bila kita juga suka atau sering melakukan atau melanggar mitos ini. Dan seketika bila orangtua kita lihat mereka akan langsung mengingatkan dan menegur kita.

Sumber : Google

Menyapu di malam hari memang terdengar tabu, dan sangat banyak sekali orang percaya akan hal itu. Pada dasarnya memang secara etika dan norma apabila kita sedang berkumpul keluarga di malam hari, kurang elok rasanya bila kita menyapu lantai, atau membersihkan rumah di malam hari. Selain mengganggu kenyamanan kumpul keluarga, mungkin secara logika jika kita menyapu di malam hari debu debu berterbangan kemana mana dan keluarga yang sedang istirahat bisa terganggu.

Atau mungkin anak anak yang sudah tidur dan menghirup debu tersebut bisa berbahaya untuk kesehatan pernafasan.
Nah jika secara logika tersebut, mungkin kita bisa memahami dan mengerti dan memang ada benarnya juga. Menyapu kan bisa dilakukan di pagi hari saja atau di sore hari, kenapa harus malam hari pas kita sedang berkumpul keluarga dan sedang istirahat. Namun menurut mitos yang turun temurun, kenapa kita tidak boleh atau dilarang menyapu di malam hari.


Ada beberapa mitos yang bersebaran di masyarakat, diantaranya jangan menyapu di malam hari, bila kita melakukan itu, jin yang ada dirumah kita akam meniru prilaku kita. Dan mungkin akan mengganggu keluarga kita, walaupun memang tidak menggangu secara langsung dikatakan bahwa bila kita menyapu di malam hari, suatu saat jin juga akan melakukan hal yang sama.



Mungkin kita pernah mendengar ada suara orang menyapu di tengah malam, apa mungkin ada orang menyapu di tengah malam atau di sepertiga malam. Menurut cerita lainnya, ada juga yang mengatakan menyapu di malam hari bisa berakibat rejeki kita seret, kenapa demikian.

Karena menurut orang zaman dulu, malam hari dipercaya sebagai waktu pengumpulan rejeki. Dan bila kita menyapu di malam hari rejeki itu pun akan ikut tersapu keluar lewat pintu. Ini menurut cerita zaman dulu yah, kalau kita sebagai orang muslim sebaiknya jangan percaya, karena rejeki itu hanya bersumber dari Alloh SWT. Kita cukup menghormati mitos tersebut apalagi bila mitos tersebut diceritakan orangtua kita.

2. Tidak boleh bermain petak umpet di malam hari

Nah siapa sahabat yang masih suka bermain petak umpet sampai sekarang. Kalau mimin sih udah engga lagi, malu udah berjenggot. HeHeHe.

Siapa yang tak kenal permainan ini, mungkin sudah ada sejak zaman purbakala kali yah. Permaiman petak umpet adalah permaianan tradisional, permainan ini biasa dimainkan anak anak disore hari. Berkumpul bergembira bersama teman teman memang asik sekali sambil bermain petak umpet. Permainan petak umpet biasanya dimainkan banyak orang, semakin banyak semakin seru.


Sumber : Google

Biasanya satu orang akan menjadi kucing atau istilahnya yang berjaga dan mencari keberadaan teman teman nya yang bersembunyi. Si penjaga akan mencari teman temanya yang bersembunyi, dan bila salah satu teman yang bersembunyi ditemukan si penjaga harus cepat cepat kembali ke tempat jaga nya dan mengucapkan "Hap si Anu kena", dan si anu pun sudah tidak boleh bersembunyi lg karena sudah tertangkap. Atau bila yang tertangkap ingin bermain lagi salah satu teman lain yang bersembunyi harus bisa mencapai tempat si penjaga dan mengucapkan "Hap penjaga kalah".

Itulah sekilas tentang permainan petak umpet ini. Bila kita perhatikan tidak ada yang aneh kan dengan permainan ini, lho tapi kenapa tidak boleh dilakukan atau dimainkan di malam hari. Karena menurut orang zaman dulu, bila kita bermain petak umpet di malam hari khawatir kita yang bersembunyi akan disembunyikan oleh jin. Dan pada akhirnya tidak bisa ditemukan sampai kapanpun atau dibawa ke alam jin. Wah serem juga yah, tapi kalau memurut logika sih, itu adalah sebuah cara orangtua zaman dulu untuk menakut nakuti kita. Karena mungkin kalau anak anak sedang asyik bermain terkadang suka susah untuk berhenti bermain.



Maka dari itu orangtua zaman dulu menggertak dengan cara seperti itu, dan memang mungkin bila permainan dilakukan di dalam rumah juga akan mengganggu istirahat orang lain. Karena sejatinya malam hari adalah waktunya beristirahat setelah beraktifitas di siang hari. Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, sekali lagi kita cukup menghormatinya. Mungkin seiring perkembangan zaman mitos tersebut tetap melekat dan dipercaya. 

Namun semakin banyak juga yang sudah tidak percaya. Apalagi di zaman sekarang ini anak anak sudah tidak tertarik dengan permainan tersebut. Permainan ini mulai tergerus dengan adanya teknologi dan gudget yang sekarang sudah gampang dimainkan oleh anak anak.

3. Tidak boleh membuka payung di dalam rumah

Kalau ini sahabat pasti sudah sering mendengarnya kan, ini memang agak sedikit lucu juga mitosnya. Namun ada beberapa versi berbeda dari mitos payung ini, mungkin tiap daerah beda beda kali yah. Sejatinya dan seyogyanya sebuah payung itu berfungsi untuk melindungi kita dari hujan atau panas. Selain itu ada juga payung yang berkaitan dengan kesenian atau budaya, misalkan payung untuk pernikahan, payung untuk kerajaan dan lain lain yang bisa sahabat cari sendiri.

Ada beberapa versi yang berseliweran tentang mitos payung ini, ada yang berkaitan dengan horor, jodoh, bahkan suasana alam sekalipun. Misalkan dulu kita sewaktu anak anak bermain payung dan membuka payung di dalam rumah, orangtua kita selalu menasihati untuk segera menutup payung tersebut. Alasannya karena payung bisa mengundang makhluk halus atau jin dan payung tersebut dijadikan mainannya.



Nah itu yang berkaitan dengan horor, ada juga yang mengatakan bila suka membuka payung di dalam rumah maka akan susah jodoh dan rejeki. Apa hubungan nya yah?.
Selain itu ada juga menurut mimin paling menarik mitosnya, yakni jangan membuka payung di dalam rumah nanti suka turun hujan lebat dan hujan nya hanya do sekitar rumah kita. Waduh ko bisa yah? Hehehe.
Tapi dari dulu sampai sekarang memang mimin sendiri ga pernah buka payung di dalam rumah, bukan karena mitosnya tapi memang buat apa manfaatnya hehhe.


Kalau secara logika nya menurut mimin mungkin ga ada manfaatnya kita buka payung di dalam rumah, apalagi kalau anak anak yang memang kebetulan sedang bermain pasti orangtua sedikit jengkel karena rumah jadi berantakan di tambah payung terbuka jadi sempit kan ruang dalam rumah.

Nomor 4 Paling Horor

4. Tidak boleh berbaring telungkup dengan kedua kaki diangkat ke atas

Ini salah satu mitos yang kuat yang mimin percaya sampai saat ini. Mimin sendiri tidak tau kenapa bisa percaya begitu saja. Mungkin karena dari dulu sudah terlanjur mendengar dan mencerna nasihat ini, baik dari orangtua atapun kakak atau pun saudara-saudara lainnya.



Mitos ini jika dilanggar, disebutkan bahwa orangtua kita akan meninggal. Coba gimana ga takut kalau kita melanggar mitos ini. Makanya memang mimin sendiri masih takut melakukan atau melanggarnya. Walaupun dari keyakinan ini adalah mitos.

Karena tetap kita kembali lagi sebagai umat muslim kita harus meyakini bahwa hidup mati adalah sudah ditangan Alloh SWT.
Tidak ada atau belum ada penjelasan ilmiah mengenai mitos ini, apa hubungan berbaring telungkup disertai mengangkat kaki ke atas dengan meninggalnya orangtua. Tidak ada hubungan sama sekali, faktanya ini hanya sebuah mitos.



Mungkin orang zaman dulu menganggap jika berbaring seperti itu terlihat kurang sopan. Atau mungkin bisa menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan. Makanya dibuatlah gertakan seperti itu dari orangtua kita. Makanya mitos ini terlihat seram karena memang tidak ada hubungan sama sekali serta tidak ada penjelasan logika yang masuk akal.

5. Wajib meludahi bila kencing disembarang tempat

Siapa yang pernah kencing di sembarang tempat? Hayoo ngaku.. 
Memang cukup tabu dan kurang elok apabila kita kencing di sembarang tempat. Selain bisa menimbulkan bau tak sedap, kencing di sembarang tempat juga tidak elok dan sangat tidak sesuai dengan budaya kita.


Apapun alasannya sebaiknya kita jangan kencing di sembarang tempat, ini sering terjadi bila kita sedang melakukan perjalanan jauh. Keadaan terdesak dan tidak kuat menahan rasa ingin kencing memang sudah lazim menjadi alasan. Namun sebaiknya kita tetap memperhatikan juga atau sebaik baik nya carilah tempat yang memang mendekati sesuai untuk kita kencing.



Berkaitan dengan kencing atau buang air kecil, kita tentunya sudah sering mendengar mitosnya kan. Ada beberapa mitos yang memang berhubungan dengan buang air kecil sembarang tempat. Salah satu yang paling populer di masyarakat adalah, bila kita kencing di tempat yang bukan semestinya kita wajib meludahi air seni atau air kencing kita sendiri.

Dulu orang orang mengatakan bila kita tidak meludahinya, mitosnya suatu saat pasangan kita akan tertukar. Ada juga yang mengatakan maaf "alat kelamin" juga tertukar. Waduh serem juga yah. Mitos ini memang kental dengan nuansa magic atau mistis.



Apalagi bila kita kencing di tempat yang bukan semestinya, misal di bawah pohon, di semak semak, dikebun atau di jalan sekalipun. Ada juga yang mengatakan bila kita kencing sembarangan dan tidak meludah atau tidak permisi dulu, penunggu tempat tersebut akan marah. Dan hal buruk akan terjadi kepada kita.

Terlepas dari benar tidaknya mitos ini, alangkah baiknya kita jangan membiasakan kencing di sembarang tempat. Karena dari faktor kesehatan juga berpengaruh. Menurut ahli kesehatan dari timur tengah, kencing di sembarang tempat sangat tidak sehat. Jika kita muslim ada adab yang harus dilakukan bila kita buang air kecil atau besar, misal nya kita harus membersihkan alat kelamin ketika sudah buang air. Karena berpengaruh untuk kesehatan kita. Atau bisa menimbulkan penyakit di sekitar tempat yang dijadikan untuk buang air tersebut.

Wah ternyaya jangan dianggap remeh yah buang air sembarangan ini. 
Nah itulah sahabat beberapa mitos yang memang masih dipercaya dan di praktekan sampai saat ini. Namun banyak juga yang sudah tidak mengindahkan, karena faktanya semua nya memang mitos tetapi ada makna tersendiri dari mitos mitos tersebut. Mitos digunakan orang zaman dulu supaya kita tertib dan teratur serta patuh terhadap orangtua yang menasehati kita.


Kita cukup menghormati orangtua yang memberikan nasihat kepada kita, karena memang untuk kebaikan sesama. Terlepas beberapa mitos tersebut ada yang berkaitan dengan mistis, hanya Alloh SWT lah yang maha tahu dan selayaknya kita hanya percaya dan berserah diri kepada Alloh SWT.
Mungkin ada juga sebagian mitos yang secara kebetulan memang benar terjadi dan menimpa orang orang yang melanggarnya.

Jangan lupa selalu setia membacara bersama catatan kita, nantikan cerita cerita atau artikel menarik lainnya. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment