; Catatan Kita: Tips Hidup Sehat Sederhana Bisa Dilakukan Setiap Pagi

Tuesday, March 26, 2019

Tips Hidup Sehat Sederhana Bisa Dilakukan Setiap Pagi



Tips mudah hidup sehat dan bisa dilakukan setiap pagi (pexels.com)

Tips Hidup Sehat Sederhana Bisa Dilakukan Setiap Pagi
 - Sahabat catatan kita yang budiman, dermawan dan bijaksana, akhir akhir ini kita sering mendengar banyak sekali keluhan mengenai kesehatan tubuh yang mudah menurun. Dan ini tidak hanya dirasakan oleh orang yang usinya sudah mencapai lebih dari 60 tahun saja. Banyak anak muda yang sering kita dengar, sudah merasakan sakit atau mendapat penyakit di usia muda.

Sebenarnya usia bukanlah faktor penentu sehat tidaknya setiap orang. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang. Faktor faktor tersebut antara lain adalah, faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, kurang istirahat, kurang olahraga, merokok dan masih banyak lagi.

Terkadang walaupun usia kita masih muda, kita sering merasakan keluhan keluhan seperti sakit pinggang, sesak nafas,sakit dada padahal kita tidak mempunyai penyakit sebelumnya. Ini disebabkan daya tahan tubuh kita menurun, kita sering kali menganggap sepele pentingnya hidup sehat, padahal bila kita mau membiasakan hidup sehat caranya sangat mudah. Cukup lakukan tips hidup sehat sederhana ini, bisa dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur dan bahkan tanpa biaya yang besar.

Berikut catatan kita telah merangkum apa saja tips hidup sehat sederhana yang bisa dilakukan setiap pagi :

1. Biasakan minum air putih

Biasakan minum air putih setelah bangun tidur (fexels.com)

Banyak orang yang susah melakukan hal sederhana ini, termasuk saya sendiri dulu. Apalagi bila sahabat seorang perokok jumlah konsumsi air mineral setiap harinya harus dua kali lipat dari orang yang tidak merokok. Misalnya saja, setiap orang normal nya minum air putih sebanyak 8 gelas per hari, maka untuk perokok harus dua kali lipatnya yakni 16 gelas per hari.

Biasakan minum air putih setiap bangun tidur, hal ini penting karena selama kita tidur organ organ tubuh kita bekerja sangat berat. Dan sudah pasti kita akan kehilangan banyak cairan dalam tubuh karena metabolisme tubuh kita umumnya bekerja keras pada malam hari. Mungkin sahabat juga pernah merasakan pada saat bangun tidur sahabat merasa sangat haus.

Lakukan rutin setiap hari, setiap bangun pagi hal pertama yang anda lakukan adalah minum segelas air putih, serta baiknya bangunlah lebih pagi dari biasanya. Misalkan setiap sebelum waktu subuh, kita sudah bangun dan minum air putih. Kenapa waktu subuh, tentunya untuk orang muslim kan harus menunaikan solat subuh. Tapi dari sisi kesehatan pun badan lebih segar dan lebih fresh ketika bangun subuh.

2. Lakukan olahraga ringan 


Lakukan olahraga ringan seperti senam tangan (pexals.com)

Olahraga memang sangat penting untuk kesehatan tubuh, selain meningkatkan daya tahan tubuh, dengan berolahraga juga dapat menurunkan tingkat kalori dan lemak dalam tubuh. Akan tetapi, banyak orang saat ini enggan atau malas berolahraga. Selain faktor kesibukan, kadangkalanya setiap orang terpaku hanya pada olahraga tertentu seperti futsal, joging, atau gym.

Padahal apabila kita ingin hidup sehat, cukup lakukan olahraga ringan saja tidak jadi masalag. Namun lakukan secara rutin dan terus menerus. Setiap bangun pagi, idealnya antara pukul 05.00 WIB sampai dengan 05.30 WIB lakukan senam sederhana seperti senam tangan, peregangan kaki, push up atau sit up. Tidak perlu lama lama, yang terpenting dilakukan secara rutin setiap pagi.

Push up - sit up - membantu melancarkan peredaran darah (pexals.com) 

Hal ini sangat membantu memperlancar peredarab darah dalam tubuh, serta suplai oxigen dalam tubuh menjadi stabil. Cocok untuj menjaga kesehatan jantung, paru paru dan semua organ tubuh. Karena dilakukan di pagi hari, kita juga bisa mendapatkan udara yang masih segar dan sehat untuk tubuh kita.

Cukup sederhana dan tidak memerlukan banyak biaya bukan, hanya kemauan saja modalnya. Apabila kita telah rutin melakukan olahraga sederhana itu, selanjutnya bisa juga dengan menambah olahraga lain bila waktu memungkinkan.

3. Joging ringan di sekitar rumah


Joging di pagi hari (pexals.com)

Selain melakukan olahraga sederhana, untuk tahap lanjut apabila kita sudah melakukannya secara rutin, tidakbada salahnya kita melakukan joging ringan. Lakukan joging ringan di sekitar rumah saja, dan jangan sampai terlalu cape. Karena pada dasarnya ini hanya dilakukan sebagai olahraga penunjang yang bisa dilakukan setiap pagi hari.

Cukup sampai berkeringat sedikit, dan bila badan sudah mulai panas maka cukuplah sampai disitu saja. Lakukan dengan dibarengi jalan kaki ringan. Jangan lupa setelah berolahraga, minum air putih yang cukup untuk mengganti ion tubuh yang keluar melalui keringat.

4. Makanan sehat dan bergizi

Makan makanan bergizi membantu menjaga daya tahan tubuh (pexals.com)
Tips hidup sehat sederhana yang paling penting adalah, selalu membiasakan mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya akan serat. Makanan bergizi tidak harus mahal, kita bisa mendapatkannya di pasar tradisional biasa dan tentunya harga tidak mahal.

Rutinlah mengkonsumsi sayuran dan buah buahan, masih banyak memang yang tidak menyukai sayur dan buah. Cobalah untuk berkreasi dengan resep resep unik yang berbahan dasar sayur dan buah.

Selain sayur dan buah, tambahkan makanan yang berprotein. Yakni bisa dari daging, telur, ikan, dan lain sebagainya. Intinya rutinlah mengkonsumsi makanan empat sehat tersebut.

Itulah tips hidup sehat sederhana yang bisa dilakukan setiap pagi dan tanpa biaya tinggi, dengan kemauan tinggi hal hal sederhana seperti itu dapat kita lakukan dengan rutin dan membantu menjaga daya tahan tubuh kita.





No comments:

Post a Comment