; Catatan Kita: 10 Tempat Didunia Yang Mustahil Ada Tetapi Nyata

Wednesday, April 17, 2019

10 Tempat Didunia Yang Mustahil Ada Tetapi Nyata

10 Tempat di dunia yang mustahil ada tetapi nyata - Sahabat catatan kita yang budiman, bijaksana dan dermawan, jika kita membahas hal hal yang aneh dan menakjubkan di seluruh dunia tentunya tidak akan cukup waktu untuk mengupas tuntas semuanya. Hal ini juga yang akan catatan kita share berkaitan dengan  informasi mengenai tempat tempat aneh dan unik yang ada di seluruh dunia. Banyak sisi dunia yang belum kita ketahui dan belum kita ketahui rahasianya.


Ilustrasi tempat unik dan aneh di dunia

Segala macam tempat maupun kejadian aneh yang secara ilmiah dinilai mustahil akan tetapi ternyata merupakan sebuah fakta mengejutkan yang belum terungkap sampai saat ini. Kali ini catatan kita akan membahas mengenai 10 tempat di dunia yang mustahi ada tetapi nyata. 

Inilah 10 tempat di dunia yang dianggap mustahil ada, tetapi nyata adanya :

1. Shanay Timpishka

Shanay Timpishka sungai dengan air mendidih sepanjang masa

Sebuah sungai yang terletak di pedalaman amazon menjadi daya tarik tersendiri, hal ini bukan karena di sungai tersebut banyak ikan piranha atau pun anaconda. Namun justru yang terjadi adalah tidak ada satupun hewan yang bisa hidup di sungai tersebut. Hal ini dikarenakan keanehan pada sungai tersebut yakni air sungai yang sangat panas dan bahkan mendidih dengan suhu yang bisa mencapai 91 derajat celcius. Untuk ukuran suhu yang terbilang panas, sudah pasti tidak ada hewan ataupun makhluk hidup yang dapat hidup di sungai tersebut.

Sampai saat ini beberapa ilmuan sudah mencoba melakukan penelitian di sungai tersebut dan mencari penyebab mengapa air di sungai tersebut bisa panas dan suhu nya bisa mencapai 90 derajat lebih. Beberapa teori mengatakan bahawa penyebab air sungai bisa mendidih adalah karena aktifitas gunung berapi. Namun jika dilihat secara ilmiah, tidak ada gunung berapi di dekat sungai tersebut, satu satunya gunung berapi yang jaraknya paling dekat dengan sungai itu adalah berjarak 700 km. Teori yang paling dianggap bisa menyimpulkan kejadian aneh tersebut adalah karena adanya retakan atau patahan di bawah perut bumi dan uap panas dari dalam perut bumi mengalir melalui celah celah atau patahan di bawah tanah sehingga menimbulkan air sungai di atasnya menjadi panas dan mendidih.

2. Movile cave

Air dan tanah di dalam gua misterius

Terletak di sebelah selatan Rumania terdapat sebuah gua yang terletak sangat terpencil. Secara kasat mata gua tersebut tidak menampakkan keanehan apapun, namun berbeda ketika kita mencoba memasuki gua tersebut. Gua tersebut telah terkunci rapat selama 5.5 juta tahun lamanya. Pada suatu hari sekelompok ilmuan akan melakukan sebuah penelitian tanah yang akan dijadikan lokasi pembangunan sebuah proyek pembangkit listrik tenaga uap. Suasana berbeda terjadi ketika sekelompok ilmuan menguji sampel tanah di daerah tersebut.

Sekelompok ilmuan tersebut menemukan keanehan pada karakteristik tanah tersebut, dan hasilnya setelah dilaukan penggalian karena rasa penasarn yang mendalam sesuatu yang membuat mereka terkejut telah tampak di depan mata. Mereka menmukan retakan sebuah tempat aneh dan setelah digali lebih dalam ternyata terdapat sebuah danau bawah tanah. Rasa penasaran pun semakin menjadi ketika sekelompok ilmuan tersebut memutuskan untuk masuk lebih dalam. Danau tersebut ternyata berbeda dengan danau biasanaya, selain letaknya yang berada di dalam tanah ternyata kadar racun di danau tersebut sangat tinggi. Selain belerang, mereka menemukan zat racun karbon dioksida dengan kadar 100 kali lipat lebih banyak daripada kadar karbon dioksida yang berada di luar danau tersebut. 

Secara terori tidak akan ada makhluk atau spesie hewan apapun yang bisa hidup dalam lingkungan yang begitu ekstrim tersebut. Namun faktanya ilmuan menemukan sedikitnya 33 spesies yang bisa hidup di kawasan danau tersebut. Spesies tersebut sudah hidup sejak ribuan bahkan jutaan tahun silam. Dari fakta yang didapatkan ternyata spesies tersebut hidup dengan memakan buih atau busa yang mengambang di atas air danau tersebut.

3. The fetrifying well

Air terjun misterius mengubah benda menjadi batu

Jika dilihat sekilas tidak ada yang aneh dengan tempat ini, namun ternyata sesuatu yang begitu menakjubkan dan masih menjadi misteri adalah ketikamelihat sebuah air mengalir di atas tebing kecil dan tebing tersebut menyerupai sebuah kerangka. Namun bukan itu saja keanehan yang terjadi di tempat ini. Setiap tetesan air yang mengalir dari tebing tersebut ternyata bisa mengubah benda apapun menjadi batu. Ini bukan seperti cerita malin kundang dari tanah minang, hal aneh di tempat ini adalah jika kita menyimpan sebuah benda dan benda tersebut terus menerus terkena tetesan air dari tebing tersebut maka tidak lama benda tersebut menjadi batu.

Dalam hal ini bukan berarti menjadi batu sepenuhnya, ternyata setelah dilakukan penelitian kandungan mineral dalam air tersebut sangat tinggi. Sehingga apapun yang terkena air tersebut lambat laun akan seperti batu.  Hal tersebut karena kandungan mineral tinggi dan terjadinya reaksi dengan benda papaun sehingga mineral tersebut lama kelamaan mengendap dan menjadi keras menempel di benda yang terkena air dari tebing tersebut. Ada beberapa informasi juga yang mengatakan bahwa tempat tersebut adalah tempat terkutuk dan apapun yang ada disekitar tebing tersebut akan menjadi batu.

4. Lake karachay uni soviet


Lake Karachay danau dengan kadar radioaktif tinggi

Danau Karachay berada di wilayah Uni soviet atau sekarang Rusia, sekilas tidak ada yang aneh dari danau ini. Namun jika kamu mencoba berdiam diri di dekat danau selama satu jam saja, maka bersiaplah sebuah resiko besar menanti mu. Danau ini adalah bekas penelitian senjata nuklir Uni Soviet, disinilah tempat pembuangan limbah nuklir  pada zaman dulu. Secara mengejutkan danau ini memiliki kadar radioaktif yang sangat tinggi. Bahkan saking tinggi nya radioaktif di danau ini dikatakan sanggup membunuh manusia hanya jika mereka berada didekat danau selama 1 jam saja.

Sungguh menyeramkan bukan, ketika kamu tahu fakta mengejutkan dari danau karachay maka sekilas tempat seperti Cernobyl tidak apa apa nya dibandingkan danau karachay. Pada tahun 1957 terjadi ledakan nuklir yang sanagat hebat, ledakan ini menyebarkan raioaktif seluas 9 mil persegi. Dan yang lebih menyeramkan, pada tahun 1967 danau tersebut mengering karena cuaca panas yang berkepanjangan. Karena hampir seluruh danau kering debu dari tanah dasar danau tersebut menyebar hingga jarak 1459 km.  Dan banyak orang yang terkena dampak dari radioaktif danau tersebut. Karena membahayakan sejak danau mengering, sekeliling danau ditutup beton untuk meminimalisir penyebaran radioaktif dari danau karachay.

5. Gruner see


Gruner see

Gruner see adalah sebutan untuk sebuah taman yang berada dikawasan pegunungan di negara Austria. Selain taman yang indah dan sejuk disini juga tersedia jalur untuk berjoging ria. Sekilas memang tidak ada yang aneh dari taman ini jika kamu berkungjung oada musim dingin. Namun hal lain terjadi jika kamu berkunjung pada musim semi, kamu akan kaget karena tamannya hilang.

Tenang saja bukan hilang ditelan bumi atau pun pindah dimensi, karena aada musim semi taman ini akan di telan genangan air efek dari cairnya es setelah musim dingin. Jadi jika kamu ingin berkunjung ke taman ini pads musim semi maka kamu harus siapkan peralatan menyelam. Tidak ada penelitian lebih lanjut mengenai kejadian aneh tersebut, sampai saat ini Gruner sea masih menjadi misteri dan salah satu tempat unik yang secara ilmiah sangat mustahil namun nyata adanya.

6. Satu atau dua pohon 


Pohon tumbuh di atas pohon

Kali ini bukam sebuah tempat biasanya yang menjadi perhatian, namun hal yang mustahil ini ternyata beneran ada dan nyata. Di sebuah desa di pinggiran Italy ada sebuah pohon yang oleh warga sekitar disebut satu dua pohon. Hal itu terjadi karena ada sebuah pohon yang terdiri dari dua pohon. Pohon tersebut meruoakan pohon cery, namun dibagian atasnya tumbuh pohon bulbery.

Sampai saat ini kejadian langka tersebut masih belum terpecahkan, namun beberapa teori yang lebih masuk akal yang pernah di teliti oleh beberapa ahli botani adalah pohon pertama yang tumbuh adalah pohon cery. Namun setelah tumbuh batang atau badan pohon cery tersebut berongga dari atas sampai ke tanah. Bisa jadi ada burung atau kelelawar menjatuhkan biji buah bulbery tepat di rongga batang pohon cery tersebut, maka tumbuhlah pohon bulbery di atas pohon cery.


7. The beacon of marcaebo


The beacon of marcaebo

Di negara Venezuela ada sebuah tempat yang mana tempat tersebut merupakan daratan dan sungai. Hal unik dan menyeramkan terjadi di daerah ini dan menjadi hal yang mustahil namun kenyataannya berkata lain. Di atas sungai  setiap pukul 7 malam dan setiap hari selalu terjadi badai petir. Bahkan badai petir tersebut bisa sampai 10 jam lamanya. Dan anehnya badai tersebut terhadi setiap hari, ya betul setiap hari. Bisa kita bayangkan bagainana penduduk disana selalu merasakan kekhawatiran setiap harinya.

Pernah dilakukan penelitian, dan beberapa teori pun muncul. Para peneliti mengatajan hal tersebut terjadi karena adanya kandungan uranium dindalam bebatuan di dasar sungai tersebut. Teror petir terus menerus tersebut terjadi karena reaksi daya tarik antara petir  dan kandungan uranium yang tinggi. Badai petir memang pernah berhenti selama beberaoa minggu, penduduk pun sedikit merasa lega. Namun hal itu hanya sementara dan pada akhirnya badai petir pun kembali terjadi sampai saat ini. 

8. Blue pond of Hokaido


Blue pond of Hokaido

Blue pond of Hokaido adalah nama sebuah danau buatan manusia yang terletak di kepulauan Hokaido Jepang. Danau tersebut sengaha dibuat untuk bendungan dan untuk keperkuan irigasi para petani di daerah tersebut. Mulanya sih tidak ada hak hal aneh terjadi, sampai pada suatu saat para penduduj di sekitar danau tersebut dikagetkan dengan perubahan warna pada air danau secara tiba tiba.

Warna air danau bisa berubah rubah sepanjang muaim, hal aneh inilah yang membuat penduduk berhenti sementara menggunakan air danau sebagai air untuk keperluan pertanian karena mereka khawatir ada dampak buruk dari perubahan warna air danau tersebut. Setelah dilakukan penelitian di
danau buatan manusia tersebut, warna air danau yang berubah  sepanjang musim itu dikarenakan oleh partikel alumunium hidroksida yang sanagat tinggi. Selain partikel tersebut kemungkinan air tersebut bisa memantulkan cahaya dari warna biru di langit dan menyerapnya menjadi warna air danau.

9. Batu berbunyi


Batu berbunyi di Pennsylvania

Di daerah Pennsylvania Amerika Serikat, secara tidak sengaja ditemukan tumpukan tumpukan batu yang unik. Batu tersebut memang terlihat seperti batu biasa pada umumnya. Namun yang menjadi mustahil adalah ketika kita mencoba mengetuk batu tersebut, batu itu mengeluarkan bunyi bunyian yang khas seperti alat musik. Mulai dari batu yang kecil maupun yang besar memiliki bunyi bunyi khas yang secara logika mustahil sebuah batu mengeluarkan bunyi seperti alat musik.

Sampai saat inipun misteri ini masih belum terpecahkan, karena beberapa teori yang dikaitkan dengan fenomena alam tersebut tidak bisa diterima dengan benar. Kamu tertarik berkunjung ke tempat bebatuan itu? Wah pasti menarik bukan bisa mencoba bereksperimen membuat bunyi musik khas dari batu tersebut.

10. Kawah Ijen


api biru yang muncul di kawah ijen

Tempat terakhir yang dianggap sebagai tempat yang mustahil ada namun nyata adanya adalah kawah Ijen. Kawah Ijen terletak di Kabupaten Bayuwangi Indonesia, kalian pasti pernah mendengar tentang tempat ini sebelumnya. Namun yang sering dilihat atau diberitakan sebelumnya hanyalah sekilas saja. Masih banyak fakta menarik lainnya tentang kawah ijen. Kawah yang dijadikan tempat penambangan belerang ini ternyata dianggap mustahil ada oleh beberapa orang ilmuan dari negara lain.

Hal ini karena mereka beranggaoan bahwa tidak mungkin sebuah kawah dengan kadar belerang sangat tinggi bisa ditambang oleh manusia hanya dengan peralatan tradisional. Namun bukan itu saja yang dianggap menarik dan menjadi perhatian peneliti dunia. Setelah beberapa waktu melakukan penelitian, mereka menemukan cahaya kemilau biru di sepanjang jalan menuju tempat menambang belerang. Cahaya biru tersebut terpancar seperti lampu lampu taman yang bersinar terang.

Mulanya peneliti beranggapan cahaya biru tersebut adalah sebuah lava yang memantulkan sinar. Namun bukan hal itu fakta sebenarnya, setelah diteliti lebih lanjut hal tersebut terjadi karena sebuah gunung dipanaskan  dari bawah dan menimbulkan ledakan api berwarna biru ke udara. Maka dampaknya bebatuan dan belerang di dalam gua tambang kawah ijen berwarna biru seakan akan seperti lampu taman.

Itulah ulasan catatan kita mengenai 10 tempat unik di seluruh dunia yang dianggap mustahil ada tetapi nyata.


Referensi sumber : https://www.youtube.com/watch?v=6NeXK4lI9n0









No comments:

Post a Comment