; Catatan Kita: 5 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Sunday, April 7, 2019

5 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

5 cara menurunkan berat badan secara alami- Sahabat catatan kita yang budiman dermawan dan bijaksana, masalah berat badan untuk sebagian orang adalah suatu hal yang sangat ditakutkan. Terlebih jika berat badan berada pada ambang di atas normal. Apalagi untuk kaum hawa, berat badan pasti menjadi faktor penting untuk penampilan mereka.

Cara menurunkam berat badan
Ilustrasi berat badan ideal : (publicdomainpictures.net in pexels.com)

Terkadang banyak orang terutama kaum perempuan menempuh cara instan untuk menurunkan berat badanya. Ada yang memakai obat obatan kimia, diet dengan produk produk kesehatan, bahkan hingga operasi sedot lemak. Cara menurunkan berat badan seperti itu memang akan sangat cepat. Akan tetapi dalam jangka panjang ada efrk samping yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Cara menurunkan berat badan secara alami adalah cara yang tepat dan menyehatkan, namun adakalanya kita harus lebih bersabar untuk hasil yang maksimal. Karena menurunkan berat badan secara alamai butuh waktu dan proses serts ketekunan untuk menjalaninya. Terkadang karena kita tidak sabar dan mudah menyerah, hasilnya pun tidak akan tercapai.

Melakukan hidup sehat secara rutin dan alami memang tidak gampang. Faktor kebiasaan dan gaya hidup serta pola makan yang dijalani sehari hari akan sangat mempengarungi tekad kita untuk bisa hidup sehat. 

Untuk itu kali ini catatan kita akan memberikan tips 5 cara menurunkan berat badan secara alami. Cara ini memang gampang gampang susah, tetapi akan sangat terasa hasilnya bila dilakukan secara rutin dan teratur.

Tips sehat menurunkan berat badan 

Mungkin sebagian dari kalian juga pernah mendengar atau mempraktikan cara menurunkan berat badan secara alami ini. Namun bila hasilnya tidak terasa mungkin kalian tidak melakukannya secara rutin dan teratur. Berikut 5 cara menurunkan berat badan secara alami menurut catatan kita.

1. Bangun Pagi

Mendengar kata bangun pagi, pasti dahi kalian mulai mengkerut kan. Apa ada hubungan nya bangun pagi dengan berat badan. Bila dicerna secara sekilas mungkin kalian tidak akan percaya, akan tetapi bangun lebih pagi sangat mempengaruhi metabolisme tubuh dan tentunya akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita juga.

Bangun pagi setiap hari : (pixabay in pexels.com)

Pada dasarnya metabolisme tubuh bekerja pada malam hari. Maka dari itu disarankan untuk tidak tidur terlalu malam, karena peran masing masing organ tubuh untuk menjalankan metabolime itu terjadi pada jam jam malam. Maka bila kita sering bangun lebih pagi akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Selain tubuh menjadi segar dan bugar, berat badan pun akan terjaga ideal.

Misalkan saja, setiap pukul 04.30 kita sudah bangun. Biasanya bila metabolisme tubuh berkerja normal, tubuh kita akan dengan sendirinya membuang toksin atau kotoran dalam tubuh. Atau misalkan dengan buang air besar setiap pagi, jangan dianggap sepele lho. Bila kita rutin setiap pagi buang air besar, berarti metabolisme tubuh kita masih normal dan sehat. Sisa sisa makanan yang tidak dibutuhkan tubuh sebaiknya dibuang pada pagi hari dan pada saat itu lemak pun ikut terbawa keluar.

2. Olahraga ringan

Bila pada cara pertama kita sudah bisa melakukannya secara rutin setiap hari, maka kalian harus lanjutkan dan sambung dengan cara menurunkan berat badan secara alami yang kedua. Cara menurunkan berat badan yang kedua adalah dengan melakukan olahraga ringan. Maksudnya adalah setiap pagi hari lakukan olahraga ringan yang tidak terlalu memberatkan kalian. Misalnya saja dengan melakukan stretching, senam tangan, push up, sit up, atau dengan berlari kecil disekitar rumah.

Lari pagi menyehatkan : (Lucasz Dziegel in pexels.com)

Tidak perlu terlalu lama, cukup 15-30 menit setiap pagi dan lakukan setiap hari terus menerus. Bisa dicoba dengan joging sendiri, berlari kecil, atau berjalan agak cepat sampai tubuh kita merasa hangat. Tidak perlu sampai berkeringat banyak. Karena dengan berlari kecil saja sudah lebih dari cukup untuk membakar kalori dan lemak ditubuh kita. 

Bila pertama kali mencobanya memang akan sangat terasa berat, akan tetapi bila tekad dan niat kita kuat percayalah kalian pasti bisa melakukannya. Lambat laun bila setiap pagi kita membakar kalori dan lemak, maka berat badanpun akan turun dengan sendirinya dan pastinya tetap sehat dan tanpa efek samping karena dilakukan secara alami.

3. Makan sayur dan buah buahan

Hal yang sangat berpengaruh terhadap berat badan kita adalah pola makanan dan makanan yang kita konsumsi sehari hari. Maka mulai sekarang, cobalah untuk mengurangi makanan makanan yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Misalkan junk food, makanan berlemak tinggi, gorengan, dan lain lain. Bila sesekali saja tidak masalah, tetapi bila kita sudah lama dan terbiasa memakan makanan seperti itu maka lambat laun akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Sayur dan buah sehat untuk diet : (rawpixel.com in pexels.com)

Untuk bisa menurunkan berat badan secara alami, dibutuhkan asupan makanan sehat dan bergizi. Maka tidak ada yang lebih baik daripada sayur sayuran dan buah. Tidak perlu setiap jam makan kalian memakan sayur dan buah, tetapi harus setiap hari tubuh kalian mengkonsumsi sayur dan buah. Misalnya saja jika kita makan siang secara normal, maka untuk makan malam tidak usah mengkonsumsi makanan berat seperti nasi, cukup makan sayur dan buah. 

Dulu keluarga saya berhasil menurunkan berat badan dengan cara ini. Misalkan setiap pagi kita sarapan secukupnya, bisa dengan roti gandum dan selai serta minum susu sajasudah cukup. Untuk makan siang kalian bebas makan makanan apapun yang kalian mau, nah setiap malam untuk keseimbangan serat dalam tubuh serta melawan lemak dalam tubuh kita maka kita wajib mengkonsumsi sayur dan buah. Untuk jenisnya bebas apapun sayurnya dan apapun buah buahannya.

4. Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol seperti bir ataupun wine atau minuman lainnya sangat mempengaruhi berat badan kita lho. Jika kita terbiasa minum minuman berlkohol maka organ tubuh kita tidak akan menjalankan fungainya dengan baik. Sehingga metabolisme tubuh kita menjadi terganggu dan terjadi penumpukan lemak serta tidak terbuangnya kalori dengan benar. 

Minuman beralkohol : (rawpixel in pexels.com)

Pernahkah kalian melihat sesorang dengan perut yang besar atau buncit. Itulah salah satu pengaruh dari minuman beralkohol bila dikonsumsi secara terus menerus. Maka mulai saat ini, agar berat badan cepat turun dan ideal, kurangi atau bahkan stop minum minuman berlkohol. Perbanyaklan minum air mineral atau air putih setiap hari, percuma jika kita melakukan ketiga cara menurunkan berat badan secara alami bila kita masih mengkonsumsi minuman beralkohol.

5. Kuatkan tekad dan lakukan secara rutin

Kuatkan tekad dan jangan menyerah : ( samer daboul in pexels.com)

Cara terakhir ini adalah cara yang sangat berpengaruh bila kita ingin menurunkan berat badan. Karena jika hanya dilakukan secara sesaat, semua cara itu akan sia sia belaka. Hal yang mendasar dan sangat sulit jika kita tidak memperhatikan tekad dan keinginan kita untuk menurunkan berat badan.

Mulailah kuatkan tekad dan niat kalian, serta lakukan secara rutin dan jangan putus asa. Cara alami menurunkan berat badan ini pasti berhasil jika dilakukan secara terus menerus. Minta bantuan suport dari keluarga terdekat untuk terus konsiten melakukan cara cara menurunkan berat badan tersebut. 




No comments:

Post a Comment