; Catatan Kita: Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Cairan

Saturday, April 27, 2019

Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Cairan

catatan-kita.com - Inilah yang terjadi jika tubuh kita kekurangan cairan - Pada dasarnya tubuh manusia memang terdiri dari banyak cairan. Maka tak heran jika banyak dokter dan ahli kesehatan menyarankan setiap orang untuk minum air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari. Karena setiap beraktifitas pasti tubuh mengeluarkan banyak cairan dan dibutuhkan cairan pengganti.


Tubuh merasa lelah dan sakit pinggang ( foto: okaydoc.com)

Lalu bagaimana jika tubuh kita kekurangan cairan dan apa yang akan terjadi jika tubuh kita kekurangan cairan. Sudah tentu banyak efek yang terasa jika tubuh kita kekurangan cairan. Mulai dari letih, lesu, merasa haus dan yang paling fatal adalah menurunnya kinerja organ tubuh kita. Inilah yang akan terjadi jika tubuh kita kekurangan cairan.

1. Cepat merasa lelah

Sudah pasti, ini yang akan kita rasakan jika tubuh kita kekurangan cairan. Tubuh akan semakin lelah dan cepat merasa lelah. Apalagi jika kita beraktifitas di luar ruangan, tubuh kita akan tidak seimbang karena banyak mengeluarkan cairan lewat keringat namun tidak  ada cairan pengganti. Dan sebuah riset juga mengatakan, seseorang akan bisa bertahan hidup tanpa makan selama lebih dari 1 bulan. Sedangkan jika manusia tidak minum selama 1 minggu saja maka sesuatu yang buruk akan terjadi pada tubuh kita.

Itulah sebabnya tubuh kita perlu banyak cairan, minumlah air mineral sebanyak 8 gelas per hari. Untuk menjaga kestabilan cairan tubuh. Minum air putih sebanyak 8 gelas per hari merupakan untuk orang normal yang tidak merokok, untuk perokok sebaiknya minum air putih minimal 2 kali lipat dari orang tidak merokok.

2. Konsentrasi menurun

Selain itu, bila seseorang kekurangan cairan atau kurang minum maka secara spontan konsentrasi nya akan menurun. Apa ada yang masih ingat sebuah iklan dari merk air mineral terkenal yang menceritakan orang yang kurang minum konsentrasinya hilang dan tidak fokus. Nah begitulah kira kira jika tubuh kita kekurangan cairan dan kurang minum air putih.

Bisa bahaya kam jika kita seorang pekerja yang menbutuhkan konsentrasi penuh setiap harinya. Oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu minum air putih setiap hari minimal 8 gelas per hari.

3. Sakit Pinggang

Pernah kah kalian merasakan sakit pada bagian pinggang secara tiba tiba, bisa jadi itu karena tubuh kita kekurangan cairan. Sebanarnya iti adalah efek samping daei kinerja ginjal manusia yang bekerja secara keras menyaring kotoran namhn tidak ada yang harus disaring. Harusnya cairan lah yang disaring, namun karena tubuh kekurangan cairan ginjal tidak menyaring apa apa karena cairan dalam tubuk tidak ada. Jika dibiarkan terus menerus akan berakibat fatal dan bisa terjadi gahal ginjal dalam waktu tertentu.

4. Batu ginjal

Penyakit batu ginjal bisa menyerang siapa saja, orang yang berusia 19 tahun ke atas sudah rentan terkena penyakit batu ginjal. Hal ini disebabkan karena penumpukan sedimen batu batu kecil yang tidak ikut keluar dengan air seni dan menempel pada ginjal. Jika sudah parah, bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal dan harus mengalami yang namanya cuci darah.

Salah satu penyebab batu ginjal adalah kurang nya cairan dalam tubuh, sehingga sisa sisa kotoran yang harusnya terbuang malah menempel di dalam ginjal. Jika sudah terkana penyakit ini, bahkan untuk buang air kecil punnakan sangat terasa sakit sekali. Maka dari itu, sangat penting untuk mengkonsumsi air mineral setiap hari sesuai dan tidak kurang dari 8 gelas per hari. Selain itu makan makanan sehat dan pola hidup sehat juga sangat mmbantu menyehatkan organ dalam tubuh kita.







2 comments:

  1. Sungguh ngeri juga ya jika sudah terkena pada poin yg ke empat, harus giat jaga kesehatan nich, apalagi sebagai aktif dalam dunia blogging lebih banyak duduk, minum air mineral memang perlu sangat dianjurkan agar badan bisa selalu fit dan tetap bisa selalu fokus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mba Dwipus... walaupun banyak kegiatan jangan lupa minum air putih..hehee

      Delete