; Catatan Kita: Fakta dan Asal Muasal Kota Bandung

Monday, April 1, 2019

Fakta dan Asal Muasal Kota Bandung

Fakta dan asal muasal Kota Bandung - Siapa yang belum tahu Kota Bandung sahabat? Pastinya sudah pada tahu donk dengan kota yang satu ini. Kota Bandung merupakan Ibukota provinsi Jawabarat dan menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. 

Kota Bandung di malam hari (tripadvisor.co.id)

Banyak sekali julukan untuk Kota Bandung ini, ada yang menyebutnya dengan sebutan Kota Kembang, Paris Van Java, Kota Mode, dan adapula yang menyebut dengan sebutan bumi parahyangan.

Wilayah administratif
Sebelum ada pemekaran, Bandung secara administratif masih menjadi Kabupaten dengan wilayah yang terbentang dari sebelah timur sampai barat, utara dan selatan. Namun kini Bandung sendiri dibagi menjadi beberapa bagian kota dan kabupeten dengan pemerintahan sendiri sendiri. 

Peta wilayah Bandung Raya

Secara administratif Bandung terbagi menjadi Kota Bandung, Kabupaten Bandung yang pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Soreang. Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi. Nah ada sedikit penjelasan mengenai asal muasal kota Bandung itu sendiri. Mungkin untuk orang Bandung asli pasti sebagian sudah pada tahu sejarahnya. 

Asal usul kota Bandung
Kata Bandung sendiri berasal dari kata "bendung" atau bendungan. Hal ini terjadi karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Parahu yang kemudian membentuk telaga. Dan menurut mitos, nama Bandung diambil dari sebuah kendaraan air yang terdiri dari dua buah perahu yang diikat secara berdampingan.

Bandung tempo doeleo

Kendaraan tersebut akhirnya disebut perahu Bandung, kendaraan air ini pula yang digunakan oleh Bupati Bandung R.A Wiranatakusumah II untuk mengarungi Ci Tarum ( Ci = Cai = Air = Sungai ). Hal tersebut beliau lakukan untuk mencari tempat atau kedudukan baru guna menggantikan ibukota yang lama yakni di Dayeuhkolot.

Sebutan untuk Kota Bandung
Kota Bandung merupakan salah satu Kota yang mempunyai nilai sejarah tinggi. Berbagai peninggalan sejarah ada di Bandung. Baik berupa gedung, bangunan maupun tempat tempat bersejarah lainnya. Demikian dengan sebutan untuk kota Bandung sendiri ternyata ada sejarahnya juga.

Kota Bandung dikenal juga dengan sebutan Kota Kembang, kembang artinya bunga. Sebutan ini bukan berarti Bandung adalah kota yang banyak bunganya. Akan tetapi ada sejarah tersendiri sehingga disebut kota kembang.

Ilustrasi

Menurut cerita bahwa dulu pada masih zaman penjajahan antara tahun 1894. Bandung dijadikan tempat berkumpulnya atau rapat besar perkumpulan pengusaha gula. Maka pada saat acara tersebut berlangsung banyak bos atau pengusaha Hindia Belanda meminta atau menginginkan "kembang" asli Bandung.

Kembang disini berarti perempuan, tak ayal diberilah para pengusaha tersebut "kembang" asli Bandung. Dan para pengusaha gula tersebut pun puas dengan pelayanan kembang kembang cantik tersebut. Maka dari itu menurut cerita tersebut sampai sekarang bandung terkenal dengan kota kembang.

Salah satu gedung peninggalan zaman dulu

Yang lebih menarik adalah sebutan lain untuk Kota Bandung, yakni Paris Van Java. Makna sebutan ini ternyata bukan berarti Bandung mirip dengan Kota Paris di Perancis. Melainkan pada zaman dulu, ada toko fashion ternama yang menjual pakaian ala Paris di Bandung. Dikawasan jalan Braga lah toko tersebut berada, selain fashion ada pula restoran yang menyajikan makanan Paris.










No comments:

Post a Comment