; Catatan Kita: Fakta Mengejutkan Beredar Sarang Lebah Palsu! Benarkah

Monday, April 8, 2019

Fakta Mengejutkan Beredar Sarang Lebah Palsu! Benarkah

Fakta mengejutkan beredar sarang lebah palsu- Sahabat Catatan Kita yang budiman bijaksana dan dermawan, siapa yang suka minum madu. Wah pastinya pada suka donk, selain sebagai bahan makanan yang bisa dikombinasikan dengan masakan apapun madu ternyata sangat menyehatkan untuk tubuh kita. Madu bisa menjadi alternatif vitamin alami untuk daya tahan tubuh sekaligus obat untuk beberapa penyakit tertentu.

Sarang lebah madu : ( by pixabay in pexels.com )

Sejak zaman Nabi madu selalu digunakan untuk obat dan penambah daya tahan tubuh. Maka tak heran madu sangat disarankan untuk dikonsumsi secara teratur dan berguna untuk kesehatan tubuh kita. Namun akhir akhir ini banyak sekali madu aspal atau asli tapi palsu beredar. Apalagi sekarang lagi marak dan ngehits madu yang dijual dan dikemas dengan sarang lebahnya. Namun apakah kita yakin bahwa madu tersebut asli atau tidak dan sarangnya pun asli atau tidak.

Baru baru ini fakta mengejutkan tentang sarang lebah palsu beredar di dunia maya. Sebuah video dari salah satu channel Youtube mengunggah fakta yang mengejutkan tentang sarang lebah palsu yang dibuat oleh mesin produksi canggih. Untuk detail asal muasal video dan tempatnya memang masih belum diketahui secara pasti, namun jika dilihat dari bahasa dan pembicaraan sepertinya bukan berasal dari dalam negeri.

Sarang lebah palsu diproduksi dengan teknologi canggih

Saat ini memang sudah banyak sekali produk produk yang dibuat secara buatan ( bukan natural ). Setelah dulu marak ada yang namanya beras plastik, telur sintetis, bahkan udang buatan. Sekarang muncul sarang lebah buatan yang dibuat sedemikian rupa dan sangat mirip dengan aslinya. Sarang lebah palsu tersebut diproduksi dengan teknologi canggih dan sangat mirip dengan sarang lebah aslinya.

Proses produksi sarang lebah tiruan ( Channel Youtube : Solusi sihat sejahtera ) 

Sarang lebah yang diproduksi dengan mesin tersebut merupakan sarang lebah ternak. Yakni sarang lebah yang biasa diternak oleh peternak lebah madu. Ukuran dan dimensi nya berbentuk persegi panjang sama persis seperti sarang lebah madu yang diternak oleh para peternak. Tidak diceritakan bahan dasar dari sarang lebah tersebut terbuat dari apa, namun bisa disimpulkan bahwa sarsng lebah tersebut tidak asli dan bukan dibuat oleh lebah madu.

Setelah sarang tersebut jadi, maka lebah madu diletakan dan dibiarkan bersarang di sarang lebah buatan tersebut dengan diberikan cairan gula sebagai makanan lebah tersebut. Jadi lebah tidak dibiarkan mencari makanan sendiri dari putik atau sari bunga yang biasa lebah makan. Dapat disimpulkan selain sarangnya palsu, madu yang dihasilkan lebah pun bisa dibilang setengah asli karena lebah lebah tersebut diberikan makanan cairan gula. 

 Proses pemberian makanan lebah dengan gula ( channel Solusi sihat sejahtera )

Menurut keterangan video tersebut, banyak peternak lebah madu asli bangkrut karena kalah bersaing dengan penjualan madu tiruan tersebut. Secara skala produksi yang dihasilkan sangat lah banyak dan cepat dibanding produksi madu alami. Yang lebih mengagetkan adalah harga jual dari madu tiruan tersebut jauh lebih murah daripada madu asli yang diproduksi peternak lebah madu. Bisa dibayangkan bukan produksi yang sangat banyak dengan bantuan teknologi canggih, berapa banyak madu tiruan yang dapat dihasilkan dari proses produksi tersebut.

Belum diketahui apakah madu tiruan tersebut bisa berdampak buruk untuk kesehatan kita, namun bila dilihat secara logika, madu tersebut dijual dengan sarang nya sekaligus. Tentunya sarang buatan tersebut pasti dibuat dari bahan bahan yang tidak alami. Maka sudah pasti kurang baik bila dikonsumsi secara terus menerus. Disarankan untuk lebih berhati hati jika kita ingin membeli madu apalagi yang dijual secara paketan dengan sarang lebahnya. Terlebih sekarang banyak beredar madu yang dijual secara paketan dengan sarang lebahnya dan bahkan harganya lebih murah dari madu asli dipasaran.

Madu hutan asli ( channel Solusi sihat sejahtera )

Tidak semua sarang lebah bisa dibuat secara buatan dengan teknologi mesin yang canggih. Ada madu yang tidak bisa di palsukan yakni madu yang dihasilkan lebah liar dihutan. Atau biasa disebut madu tualang. Sarang madu tersebut menjulang tinggi di pohon pohon besar atau tebing tebing tinggi dihutan. Sarangnya berbentuk tidak simetris karena memang buatan lebah madu asli.

Sudah pasti harganya pun mahal karena butuh perjuangan untuk bisa memanen madu tersebut. Di Indonesia sendiri banyak sekali madu hutan yang dijualmasyarakat yang memang terbiasa mengambil madu dihutan. Maka ada baiknya bila kita ingin mengkonsumsi madu dan terjamin kualitas serta keasliannya usahakan memebeli madu hutan yang diproduksi secara alami.


Referensi artikel :

https://youtu.be/S3zYKAWtE2U

No comments:

Post a Comment