; Catatan Kita: Kabar Hasil Exit Poll Luar Negeri Beredar KPU Angkat Bicara

Monday, April 15, 2019

Kabar Hasil Exit Poll Luar Negeri Beredar KPU Angkat Bicara

Kabar hasil exit poll luar negeru beredar KPU angkat bicara - catatan-kita.com Dalam beberapa jam terakhir warga tanah air diramaikan dengan berita beredarnya hasil pencoblosan luar negeri. Kabar berita ini atau yang ramai diperbincangkan di media sosial disebut hasil exit poll luar negeri tepatnya dari Berlin, Jerman beredar dengan salah satu pasangan calon presiden yang dianggap unggul di Berlin Jerman.

Ilustrasi pemilu 2019 sukseskan pesta demokrasi dengan cara gunakan hak suaramu

Beredarnya kabar hasil exit poll pencoblosan di jerman membuat sebagian orang ramai dan viral membahasa hasil exit poll ini. Namun apakah ini benar atau tidak? Sekedar informasi exit poll merupakan sebuah metode survey yang dilakukan segera setelah pencoblosan di TPS. Exit poll dilakukan dengan cara mewawancarai pemilih sesaat setelah melakukan pencoblosan di TPS tertentu, dan hanya dilakukan terhadap sampel yang dipilih atau ditentukan.

Kabar hasil exit poll luar negeri itu tersebar di pesan wahtsapp dan group group whatsapp tanah air. Selain beredar di pesan whatsapp, kabar tersebut beredar juga di berbagai media sosial seperti facebook, twitter dan instagram. Maka tak heran hanya dalam beberapa jam saja kabar hasil exit poll luar negeri bisa viral dan beredar ke seluruh masyarakat di Indonesia. Berikut isi pesan whatsapp yang tersebar mengenai hasil exit poll luar negeri di Berlin Jerman.

Forum Masyarakat Indonesia di Jerman melakukan kegiatan exit poll terhadap pemilih di TPS  yang berlokasi di Lehrterstraße 68 Berlin pada hari Sabtu, 13 April 2019 waktu setempat. Exit poll dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 116 orang responden secara acak, dengan komposisi responden laki-laki 46,6% dan perempuan 53,4%. Berdasarkan latar belakang usia, 31,9% responden berusia di bawah 28 tahun, 39,7% berusia 29-38 tahun, 17,2% berusia 39-48 tahun, dan 11,2% berusia lebih dari 49 tahun.
Exit poll merupakan survei wawancara tatap muka terhadap pemilih yang baru saja menyalurkan hak pilihnya di bilik suara.
Pilihan Presiden/Wakil Presiden:
Joko Widodo-KH Maruf Amin: 79,3%
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 11,2%
Rahasia/Tidak Jawab: 9,5%
Pilihan Partai Politik:
PKB: 3,4%
Gerindra: 7,8%
PDIP: 18,1%
Golkar: 2,6%
Nasdem: 9,5%
Garuda: –
Berkarya: –
PKS: 6,0%
Perindo: 2,6%
PPP: –
PSI: 31,9%
PAN: 1,7%
Hanura: –
Demokrat: 4,3%
PBB: –
PKPI: –
Rahasia/Tidak jawab: 12,1%
Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Semoga kegiatan yang kami lakukan dapat meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Itulah isi pesan yang menyampaikan berita viral mengenai hasil exit poll yang dilakukan di Berlin Jerman. Dalam pesan tersebut dilihat dari data hasil exit poll menyebutkan pasangan Calon Presiden Jokowi - Ma'ruf Amin unggul dari pasangan calon presiden dan wakil presiden  no urut 2 Prabiwo Subianto dan Sandiaga Uno. Dari data yang disebutkan di pesan tersebut Jokowi unggul dengan hasil 79.3% sedangkan Prabowo mengantongi hasil 11.2 % dan sisanya 9.5% rahasia atau tidak menjawab.

Menanggapi kabar tersebut, salah satu komisioner KPU, Hasyim Ashari mengatakan, "metode pencoblosan di luar negeri dilakukan dengan 3 cara. Pertama dikirim lewat pos, kedua dengan kotak suara keliling dan dengan datang ke tempat pemungutan suara atau TPS.
Kalau pun hasil exit poll itu benar, kata dia, maka riset nya berdasarkan kepada pemilih yang datang ke TPS. Mungkin exit poll hanya untuk pemilih yang datang ke TPS, kalau lewat pos tidak. Karena siapa juga yang ditanya." Ujar Hasyim di Jakarta, senin (15/04).

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa, hasil pemilu luar negeri akan dihitung pada tanggal 17 April 2019. Yakni berbarengan dengan dilaksanakannya pesta demokrasi di dalam negeri." Kan baru dihitung nanti tanggal 17 April bareng bareng" ujarnya.

Itulah berita hangat yang sedang viral saat ini, semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan catatan-kita akan selalu update berita pemilu 2019 dan jangan lupa tanggal 17 April datang ke TPS gunakan hak pilihmu dengan baik. Say No to Golput. Terimakasih.




No comments:

Post a Comment