; Catatan Kita: Inilah Keunggulan Pesawat R80 Rancangan BJ Habibie Siap Terbang 2020

Monday, April 29, 2019

Inilah Keunggulan Pesawat R80 Rancangan BJ Habibie Siap Terbang 2020

catatan-kita.com - Inilah keunggulan pesawat R80 rancangan BJ Habibie yang siap terbang tahun 2020 - Tidak lama lagi Indonesia siap bersaing dengan negara negara lain dalam bidang indutri pesawat terbang, terutama pesawat komersil. Pasalnya pesawat komersil R80 rancangan Profesor Dr. BJ Habibie yang juga mantan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia ini direncanakan akan siap terbang pada tahun 2020.


Pesawat R80 rancangan BJ Habibie

Yang mengejutkan adalah, keunggulan dari pesawat rancangan BJ Habibie ini bahkan telah diakui dunia. Bukan hal mudah Indonesia bisa berkembang sampai sejauh ini dalam bidang industri pesawat terbang komersil. Dan tidak lama lagi pesawat buatan Indonesia R80 siap terbang dan siap melayani masyarakat Indonesia pada tahun 2020.

Saat ini pesawat rancangan BJ Habibie R80 telah menuntaskan tahap validasi desain dan akan memasuki tahap berikutnya yakni pengembangan skala penuh. Setelah tahap ini selesai, pesawat R80 yang direncanakan siap terbang pada tahun 2020 akan memasuki tahap terakhir sebelum bisa terbang perdana. Tahap terakhir yang paling penting dari sebuah pesawat terutama pesawat komersial yakni tahap uji coba.

Replika pesawat R80 ( sc: ekonomi.kompas.com)

Pesawat R80 rancangan BJ Habibie ini ternyata memiliki keunggulan yang sangat canggih, bahkan pesawat R80 ini tidak kalah canggih dengan pesawat pesawat pabrikan sekelas Boeing dan Airbus. Tentunya kita sangat bangga bukan dengan kemajuan industri pesawat terbang dalam negeri yang mampu bersaing dengan pesawat terbang buatan negara lain. Berikut keunggulan pesawat R80 rancangan BJ Habibie yang siap terbang pada tahun 2020.

1. Irit bahan bakar

Pesawat R80 merupakan pesawat penumpang atau komersil yang dirancang dan dikembangkan oleh Indonesia dan diprakarsai oleh BJ Habibie. Pesawat ini dirancang dengan keunggulan irit bahan bakar, untuk sebuah pesawat komersil atau penumpang efisiensi bahan bakar akan menjadi nilai tambah yang sangat diperhatikan oleh para maskapai yang akan mengoperasikan pesawat ini.

2. Fitur canggih dikelasnya

Untuk kelas pesawat ringan dengn kapasitas 80 sampai dengan 90 penumpang, pesawat R80 tergolong pesawat yang memiliki kecanggihan lebih daripada pesawat lain yang sekelas. Ini merupakan sebuah prestasi tersendiri yang dimiliki Indonesia. Fitur canggih yang dimiliki pesawat R80 ini terbilang tidak kalah canggih dari pesawat sejenis yang diproduksi pabrikan luar negeri sekalipun.

3. Full komputerisasi

Untuk pesawat sejenis R80 yang sudah ada sebelumnya ternyata belum sepenuhnya menggunakan teknologi komputerisasi. Namun pesawat R80 rancangan BJ Habibie ini sudah menerapkan full komputerisasi dan sudah lebih maju daripada pesawat sejenisnya yang sudah muncul jauh lebih lama dari pesawat R80 ini. 

4. Mampu terbang di atas 20.000 kaki

Biasanya pesawat jenis dan desain ringan seperti pesawat R80 ini tidak bisa terbang di atas 20.000 kaki. Namun untuk pesawat R80 ternyata sudah dirancang untuk mampu terbang di atas 20.000 kaki. Ini merupakan suatu keunggulan dan nilai lebih dari pesawat R80 yang mana telah menerapkan kelebihan batas ketinggian terbangnya.

Selain keunggulan yang bersifat teknis dibatas, pesawat R80 diklaim memiliki kenyamanan dan keamanan tingkat tinggi guna melindungi penumpang dan memberikan kenyamanan kepada penumpang selama perjalanan. Kokpit pesawat didesain super canggih dan sangat nyaman untuk pilot. Pesawat R80 mampu mengangkut penumpang sebanyak 80 sampai 90 penumpang.

Menariknya, walaupun pesawat R80 ini masih dalam tahap produksi dan proses tahap validasi untuk uji coba ternyata sudah ada maskapai Indonesia yang sudah memesan pesawat ini. Total pesanan maskapai dalam negeri sampai saat ini bahkan sudah mencapai 155 unit. Sangat fantastis bukan, inilah prestasi Indonesia dalam bidang industri oesawat terbang komersil.

Tentunya kira sebagai warga negara Indonesia harus bangga dan selalu mendukung kemajuan industri pesawat terbang nasional. Dan semoga Indonesia mampu bersaing dengan negara negara lain yang sudah lebih dulu memproduksi pesawat terbang komersil.


Sumber : 
IG : omg.banget


No comments:

Post a Comment