; Catatan Kita: Tips Melamar Kerja Yang Baik 100% Langsung Diterima Kerja

Friday, April 19, 2019

Tips Melamar Kerja Yang Baik 100% Langsung Diterima Kerja

catatan-kita.com - Tips melamar kerja yang baik 100% langsung diterima kerja - Hai sahabat catatan kita yang budiman, dermawan dan bijaksana. Menjadi seorang karyawan tentunya adalah sebuah impian dari sebagian banyak penduduk di Indonesia, banyak lulusan Sekolah Menegah Atas atau Kejuruan ( SMA/SMK) dan juga lulusan Universitas atau Sekolah Tinggi fokus mencari pekerjaan dan berlomba lomba untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang bonafit setelah lulus masa pendidikannya.

Tips melamar kerja 

Setiap tahunnya jumlah angkatan kerja di Indonesia terus bertambah, puluhan juta angkatan kerja bertambah setiap tahunnya seiring kelulusan sekolah dan Universitas setiap satu tahun sekali. Tercatat pada Agustus 2018 saja, jumlah angkatan kerja mencapai 131,01 juta orang atau naik 2.95 juta orang dibanding bulan Agustus 2017 ( data Badan Statistik Pusat ). Dengan selalu bertambahnya jumlah angkatan kerja setiap tahun, tentunya persaingan dalam mendapatkan pekerjaan akan semakin sulit dan perlu perjuangan yang lebih keras. Apalagi pertumbuhan lapangan kerja saat ini tidak terlalu naik secara drastis, akan tetapi tetap ada kenaikan dari segi jumlah lapangan kerja dari tahun ke tahun.

Dalam melamar pekerjaan, tentunya ada kiat kiat atau langkah langkah yang tepat supaya dapat diterima oleh perusahaan. Tips melamar kerja yang baik adalah dan langsung diterima kerja adalah salah satu kiat yang harus diperhatikan oleh para pelamar kerja. Perusahaan tentunya memiliki kriteria krtieria tertentu dalam mencari calon karyawan supaya dapat diandalkan di perusahaan tersebut. Sudah pasti seleksi dan berbagai macam tes serta wawancara melamar kerja akan sangat menjadi perhatian pihak perusahaan untuk menentukan karyawan yang cocok dan kompeten sesuai bidang yang dibutuhkan perusahaan.

Berikut catatan kita bagikan tips melamar kerja yang baik dan 100% langsung diterima kerja,

1. Lengkapi dokument lamaran kerja

Kelengkapan dokument atau persyaratan melamar kerja tentunya adalah salah satu hal yang tidak boleh dianggap remeh atau kurang diperhatikan. Terkadang banyak pelamar kerja yang kurang memperhatikan dokument dokument yang diminta sebagai persyaratan oleh perusahaan yang dilamar. Pastikan semua dokument yang diminta perusahaan telah dilengkapi dengan benar dan tidak ada satu pun dokument yang terlupakan. Karena biasanya seorang General Affairs atau HRD perusahaan akan memperhatikan dokument yang diberikan terlebih dahulu dan menilai sejauh mana dokument tersebut memenuhi syarat secara administratif untuk diproses ke tahap selanjutnya.

Dan yang paling penting biasakan cek ulang dokument lamaran kerja yang sudah dibuat sebelum dikirim ke perusahaan, baik lamaran kerja yang dikirim via pos secara langsung atau lamaran kerja yang dikirim lewat pesan elektronik atau email. Persiapkan juga dokument lamaran kerja di perangkat komputer atau laptop dan juga Smartphone, karena saat ini banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja secara online.

2. Buat CV (Curriculum Vitae) dan surat lamaran kerja yang unik dan menarik


Contoh Curriculum Vitae

Di zaman millenials saat ini tentunya seorang karyawan juga harus mempunyai kreatifitas yang lebih unggul dan menarik perhatian perusahaan. Karena saat ini perusahaan lebih cenderung menginginkan seorang karyawan yang kreatif, tidak monoton dan kompeten dibidangnya. Cobalah bereksperimen dengan mencari referensi referensi untuk membuat sebuah CV atau Curriculum Vitae yang unik dan menarik serta berbeda dari orang lain. Selain itu jangan sungkan untuk mencantumkan beberapa Account Sosial Media untuk bahan referensi penilaian HRD terhadap pelamar kerja. Hal ini akan menjadi salah satu acuan atau penilaian perusahaan untuk mempertimbangkan pelamar  untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dengan membuat CV yang menarik akan memberikan nilai lebih karena perusahaan akan menilai kreatifitas dari calon karyawannya dari sebuah CV atau surat lamaran kerja yang dibuat.

3. Cari tahu profile perusahaan 

Tips melamar kerja yang baik dan berpotensi langsung diterima kerja selanjutnya adalah pastikan cari tahu Profile perusahaan yang dilamar. Sebelum mengirim lamaran kerja, ada baiknya cari tahu profile lengkap perusahaan tersebut, histori perusahaan, jumlah karyawan dan berbagai macam informasi tentang perusahaan tersebut. Hal ini penting untuk pelamar kerja karena jika proses seleksi administrasi, maupun test atau psikotest lulus, pelamar selanjutnya akan mengikuti tahap Interview atau wawancara dengan HRD perusahaan.

Jika sudah tahu tentang Profile perusahaan tersebut maka pada saat wawancara jika ada pertanyaan seputar perusahaan tersebut pelamar sudah mempunyai gambaran atau deskripsi singkat tentang perusahaan tersebut. Selain itu pelamar juga akan mengetahui bagaimana perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun, apakah ada peluang jenjang karir, dan peluang peluang lain yang yang menguntungkan pelamar kerja.

4. Lamar pekerjaan sesuai kompetensi 

Melamar pekerjaan tentunya juga harus memperhatikan bidang atau bagian pekerjaan apa yang sesuai dengan kompetensi dan pendidikan pelamar. Walaupun secara kenyataan di lapangan sangat berbeda dengan persepsi pelamar, misalnya saja seorang pelamar berlatar belakang pendidikan Otomotif, maka carilah pekerjaan sesuai latar belakang otomotif tersebut. Hal ini bertujuan untuk menambah persentase diterimanya lamaran pekerjaan oleh perusahaan. Bisa dibayangkan jika seorang yang berlatar belakang pendidikan otomotif melamar kerja dibagian Accounting, sudah pasti perusahaan tidak akan memanggil pelamar tersebut.

Akan tetapi ada juga perusahaan yang menerima calon karyawan dari berbagai latar belakang pendidikan dan berbegai kompetensi, namun kadangkala pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan hati nurani atau tidak sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi pelamar kerja. Sebagai contoh, posisi pekerjaan yang bisa dilamar oleh berbagai latar pendidikan dan kompetensi adalah posisi Sales atau Wiraniaga, biasanya posisi ini dapat dilamar oleh pelamar kerja dari berbagai latar belakang pendidikan.

5. Pelajari soal soal psikotes

Tips melamar kerja yang baik selanjutnya adalah jangan pernah lupa untuk terus mengasah pengetahuan dengan cara belajar soal soal psikotes untuk penerimaan kerja. Berbagai soal psikotes kini mudah dicari dan di akses di Internet. Tidak ada salahnya selalu belajar dan menambah wawasan serta pengetahun, karena dengan ilmu pekerjaan apapun bisa dilakukan dengan baik.

Nah sahabat catatan kita, itulah tips melamar kerja yang baik menurut catatn kita, semoga informasi dari artikel ini dapat bermanfaat. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan selain bekerja tidak ada salahnya dibarengi dengan belajar berwirausaha, Apalagi diera digital seperti sekarang ini, potensi menambah penghasilan dengan usaha sampingan sangatlah besar. Jika masih bingung mau usaha sendiri atau bekerja sahabat juga bisa mempelajari dasar dasar wirausaha untuk bekal dan ilmu dimasa yang akan datang.









No comments:

Post a Comment