; Catatan Kita: 5 Benda Aneh Yang Ditemukan Setelah Tsunami

Sunday, May 19, 2019

5 Benda Aneh Yang Ditemukan Setelah Tsunami

catatan-kita.com | 5 benda aneh yang ditemukan setelah tsunami. Bencana tsunami memang bencana yang paling dahsyat yang pernah terjadi di muka bumi. Bahkan di Indoensia sendiri bencana tsunami sudah beberapa kali menerjang berbagai daerag di Indoenesia. Tentunya kita masih ingat bencana tsunami terdahsyat yang menerjang Aceh pada tahun 2004, dan yang baru baru terjadi yakni tsunami di Palu Sulawesi.


Tsunami sendiri terjadi karena pasang nya air laut dan terdorong ke daratan karena pergeseran lempengan bumi di bawah laut. Dan menghasilkan gempa tektonik yang menyebabkan pergerakan air laut. Tidak semua gempa yang terjadi di nawah laut berpotensi tsunami, namun tercatat jika gempa terjadi pada kedalaman di bawah 10 kilometet maka berpotensi tsunami.

Selain menyisakan duka yang mendalam, bencana tsunami juga menyisakan puing puing kota atau daerah karena terjangan air laut yang besar. Namun ada juga benda benda aneh yang ditemukan dan bahkan baru ditemukan di muka bumi setelah kejadian tsunami. Inilah 5 benda aneh yang ditemukan setelah tsunami.

1. Kubah Mesjid

Kubah mesjid aceh
Kubah mesjid sebarat 80 ton

Sebuah kubah mesjid memang terdengar tidak aneh, karena kita sendiri pasti sudah sering melihatnya. Namun bagaimana jika kubah tersebut berbobot 80 ton dan berpindah sejauh 2.5 kilometer lebih dari tempat asalnya. Inilah yang terjadi pasca tsunami Aceh pada tahun 2004 silam. Sebuah kubah mesjid berdiameter lebih dari 10 meter dan berat lebih dari 80 ton ditemukan di sebuah desa dan terbawa hanyut oleh derasnya air atau gelombang tsunami.

Terbayang bukan bagaimana derasnya gelombang tsunami tersebut hingga mampu menghanyutkan benda seberat 80 ton. Kubah tersebut diketahui terbawa arus sejauh 2.5 kilometer lebih. Dan hingga kini kubah tersebut masih tersimpan baik ditempat ditemukannya dan dijadikan sebagai penanda kejadian tsunami Aceh.

2. Ikan Aneh

Kejadian ini terjadi pasca tsunami di Jepang pada tahun 2011 lalu. Tsunami Jepang tersebut merupakan sebuah bencana terburuk sepanjang sejarah di Jepang. Bahkan berdampak buruk karena tsunami tersebut ternyata menerjang reaktor nuklir di Fukushima Jepang dan menelan ribuan korban jiwa.

Penemuan Ikan Aneh Pasca Tsunami Jepang

Hal yang aneh terjadi pasca tsunami itu sendiri, yakni ditemukannya beberapa ikan aneh dan belum pernah diketahui spesies ikan tersebut sebelumnya. Bahkan ada salah satu ikan yang berasal dari laut dalam terdampar di daratan. Ikan tersebut yakni ikan ikat pinggang, ikan tersebut berbentuk panjang dan tipis, maka hal aneh jika ikan tersebut ada di daratan karena ikan tersebut hidup di lait dalam.

Lalu ditemukan juga ikan bertaring dan bertanduk aneh, para peneliti pun belum mampu menjawab dan menemukan spesies dari ikan aneh tersebut. Warga sekitar sepakat menyebut nya dengan ikan monster karena bentuk dan rupanya seperti monster dan menyeramkan.

3. Pelampung Pelabuhan


Pelampung pelabuhan Jepang ditemukan di Amerika

Pelampung pelabuhan biasanya berbentuk bulat atau persegi dan dipasang disekitar pelabuhan sebagai tanda garis atau batas. Tidak terdengar aneh memang, namun pelampung pelabuhan ini ternyata sebelumnya merupakan pelampung yang dipasang di salah satu pelabuhan di Jepang dan ditemukan di Amerika pasca Tsunami Jepang pada tahun 2011.

Pelampung tersebut ditemukan berserakan di sebuah pantai di negara Amerika. Tentunya pelampung tersebut terombang ambing lautan dan sampailah di Amerika. Ini menandakan begitu dahsyatnya tsunami Jepang pada tahun 2011 tersebut. Jarak perairan Jepang dan Amerika tentunya sangat jauh dan berjarak ribual Mil jauhnya.

4. Kapal Feri Besar

Sebuah kapal feri besar terdampar di darat usai tsunami

Kali ini terjadi di Palu Sulawesi, pasca bencana tsunami di Palu pada tahun lalu berbagai kisah pilu dan duka masih kita rasakan sampai saat ini. Kota yang begitu tenang dan indah seketika luluh lantah diterjang tsunami yang sebelumnya diguncang gempa berkekuatan 7.7 skala ritcher.

Tidak terbayangkan gejolak dan kepanikan warga Palu pada saat itu. Gempa palu juga meninggalkan cerita cerita aneh, mulai dari kejadian tenggelamnya sebuah desa kedalam tanah, atau disebut ekuipaksi. Dan ditemukannya kapal kapal bertebaran di daratan pasca tsunami.

Salah satu kapal yang terdampar adalah sebuah kapal fery besar yang terseret gelombang tsunami dari tengah lautan ke daratan. Kapal besar itu pun tak kuasa menahan gelombang tsunami Palu. Walaupun tidak ada kerusakan pada kapal tersebut namun perlu waktu yang cukup lama untuk mengembalikan kapal tersebut ke perairan.

5. Papan nama desa


Papan nama desa jepang hanyut sampai Amerika

Papan nama atau plang nama memang terdengar biasa saja. Namun papan nama desa ini ternyata milik sebuah desa terpencil di Jepang yang hilang tidak tersisa karena terjangan tsunami Jepang pada tahun 2011. Jadi bisa dikatakan hanya papan nama inilah peninggalan terakhir dari desa tersebut.

Dan yang lebih mengejutkan lagi, ternyata papan nama tersebut ditemukan di perairan atau di pantai Hawai. Setelah ditemukan dan dikonfirmasi pihak berwenang setempat mengembalikan papan nama desa tersebut ke negara Jepang untuk disimpan sebagai kenangan dari desa yang hilang tersebut.




No comments:

Post a Comment