; Catatan Kita: Inilah 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mudik Lebaran

Thursday, May 9, 2019

Inilah 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mudik Lebaran

catatan-kita.com - Inilah 5 hal yang harus diperhatikan sebelum mudik lebaran - Mudik adalah sebuah tradisi yang sudah bertahun tahun dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Setiap hari lebaran kebanyakan orang pasti melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga tercinta.


Bahkan walaupun mudik sebagian besar dilakukan oleh umat muslim pada saat lebaran atau beberapa hari menjelang lebaran, akan tetapi karena waktu libur yang lumayan panjang pada saat hari raya idul fitri tradisi mudik juga dilakukan oleh orang yang bukan beragama islam untuk sekedar liburan dan berkumpul bersama keluarga.


Tentunya suasana haru dan bahagia bisa dirasakan oleh semua kalangan pada saat hari raya idul fitri. Suasa perjalanan yang yang dilakukan dari satu kota ke kota lainnya, bahkan sampai rela ber jam jam diperjalanan demi berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Inilah serunya tradisi mudik lebaran yang hanya dilakukan satu tahun sekali.

Namun karena waktu liburan atau cuti bersama pada saat hari raya idul fitri tergolong lumayan lama dan bisa dikatakan libur panjang, maka sebaiknya sebelum melakukan mudik kekampung halaman ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Inilah 5 hal yang harus diperhatikan sebelum mudik lebaran.

Ilustrasi mudik ( Pict : kliksangatta.com )

1. Tentukan jadwal keberangkatan 

Sebelum pulang ke kampung halaman, sebaiknya tentukan jadwal dan waktu yang pas untuk pergi mudik ke kampung halaman. Hal ini sangat penting karena kita bisa memperkirakan waktu yang dirasa benar benar tepat untuk mudik.

Biasanya para pemudik mulai ramai pulang ke kampung halamam dimulai pada H-7 sebelum lebaran. Jadi dengan memperkitakan waktu keberangkatan pada saat arus mudik, kita bisa meminimalisir waktu tempuh dan menghindari kemacetan atau puncak arus mudik. Karena jika kita bertepatan dengan puncak arus mudik, sudaj dipastikan kita akan terkena kemacetan diperjalanan ke kampung halaman.

2. Persiapkan sarana transportasi 

Sebelum pergi mudik atau pulang kampung, sebaiknya persiapkan sarana transportasibnya sebaik mungkin. Misalkan jika akan mudik dengan menggunakan mobil pribadi, maka lakukan pengecekan dam service berkala terlebih dahulu, agar pada saat perjalanan mudik mobil terhindar dari masalah.

Terlebih lagi pada saat arus mudik, volume kendaraan yang melintas juga akan melonjak tinggi. Dan hal ini tentunya membantu kita meminimalisir resiko diperjalanan dan tentunya mobil sudah siap dipakai perjalanan panjang dan menghadapi kemacetan yang tak terduga.

Jika mudik dilakukan dengan sarana transportasi umum, maka sebaiknya sudah mulai persiapkan dan memesan tiket dari sekarang. Karena pengalaman saat mudik lebaran tahun tahun sebelumnya, banyak tiket transportasi umum yang sudah habis terjual.

3. Jaga kesehatan

Sebelum pergi mudik, persiapkan juga hal hal yang berkaitan dengan kesehatan dan kebugaran tubuh. Apalagi jika daerah tujuan mudik memang cukup jauh dan memerlukan waktu berjam jam. Perhatikan pola makan saat berpuasa, dan jaga kondisi tubuh tetap fit hingga supaya pada saat mudik badan terasa segar dan tidak mudah lelah.

Jika diperlukan siapkan multivitamin tambahan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh kita selama beraktifitas dan berpuasa di bulan ramadhan. Terlebih jika perjalanan mudik dilakukan dengan menghunakan transportasi umum, biasanya akan sedikit lebih menguras tenaga dan tubuh merasa lelah. Itulah pentingnya untuk selalu menjaga pola hidup sehat setiap hari.

4. Persiapkan perbekalan sesuai kebutuhan

Pada saat arus mudik mulai ramai tentunya banyak resiko yang akan kita hadapi diperjalanan. Maka dari itu tidak ada salahnya mempersiapkan perbekalan dan kebutuhan apa saja yang akan dibawa pada saat mudik.

Usahakan jangan terlalu banyak membawa barang yang dirasa tidak dibutuhkan saat mudik dan saat berada di kampung halaman.  Hal ini tentunya dapat membantu meminimalisir resiko yang akan timbul pada saat perjalanan mudik atau pulang kampung.

5. Amankan barang berharga

Sebelum pergi mudik, alangkah baiknya kita mengamankan barang barang berharga yang ada dirumah. Pada saat lebaran dan banyak orang berbondong bondong pulang ke kampung halaman maka biasanya keadaan disekitar rumah yang kita tempati akan sangat sepi. Hal ini kerap kali di manfaatkan oleh orang atau sindikat pencurian rumah kosong atau rumah yang ditinggal mudik.

Setiap tahunnya, laporan pencurian yang terjadi pada saat rumah ditinggal mudik selalu meningkat. Sebaiknya amankan barang berharga, lalu mintalah bantuan kepada tetangga yang memang tidak mudik atau tetap tinggal dirumah selama libur lebaran.

Itulah 5 hal penting yang harus diperhatikan sebelum pergi mudik, mencegah adalah hal yang paling baik daripada mengobati setelah terjadinya sesuatu.








No comments:

Post a Comment