; Catatan Kita: Inilah Sosok K.H As'ad Humam Penemu Metode Belajar Membaca Alquran

Friday, May 3, 2019

Inilah Sosok K.H As'ad Humam Penemu Metode Belajar Membaca Alquran

catatan-kita.com - Inilah sosok K.H As'ad Humam penemu metode belajar Alquran - Pernahkah dulu, sewaktu kecil kita belajar mengaji dan membaca Alquran. Dan pastinya apabila kita baru belajar membaca Alquran pasti menggunakan buku Iqro. Yakni buku kecil yang berisi metode sederhana dan mudah difahami untuk belajar membaca Alquran.


Buku Iqro

Bagi kita yang lahir pada masa 80 sampai 90 an pasti sudah pernah belajar membaca Alquran dengan bantuan buku Iqro. Selain metode yang di tampilkan di buku tersebut terbilang mudah dan gampang dipelajari, buku Iqro adalah metode paling dasar untuk belajar membaca Alquran.

Nah pernahkah kalian melihat sampul bagian belakang buku tersebut ada foto seseorang menggunakan setelan jas dan kopiah. Bila kalian masih ingat tentunya pasti akan bertanya tanya siapakah beliau. Inilah sosok K.H As'ad Humam yang tak lain adalah penemu metode belajar membaca Alquran prsktis yang dituangkan dalam buku Iqro.

KH As'ad Humam lahir pada tahun 1933, beliau sendiri ternyata bukan seorang akademisi atau lulusan pesantren mapun sekolah tinggi islam. Beliau hanya menempuh pendidikan sampai kelas 2 Madrasah Mualimin Muhammadiyah Yogyakarta, atau setingkat kelas 2 Sekolah Menengah Pertama.

Namun beliau membuktikam bahwa gelar akademisi bukanlah halangan untuk berksrya dan memberikan ilmu yang bermanfaat untuk banyak orang. KH As'ad Humam tinggal di darah Selo Kramat daerah Kotagede Yogyakarta. Sehari hari nya KH. As'ad Humam ternyata seorang pedagang yang berjuakan di Oasar Bringharjo daerah Jalan Marioboro Yogyakarta.

KH. As'ad Humam ( foto : nahdlatululama.id) 

Pada saat itu KH. As'ad Humam berkenalan dengan KH Dahlan Salim Zarkasyi, dari situlah beliau belajar tentang metode metode Qiroah. Dan timbullah gagasan untuk membuat metode Qiroah yang mudah dipelajari oleh siapa saja. Beliau juga sempat menyampaikan gagasannya kepada KH. Dahlan Salim Zarkasyi, namun KH. Dahlan menolak gagasan beliau dikarenakan Ilmu Qiroah adalah sebuah Ilmu pemberian Alloh SWT.

Namun tidak sampai disitu saja, KH. As'ad Humam tidak menyerah dan memutuskan untuk menyusun metode belajar membaca Alquran tersebut sendirian. Namun Alloh berkehendak lain, ditengah semangatnya untuk menuangkan gagasan yang dia pikirkan tersebut, KH. As'ad Humam menderita kelumpuhan akibat penyakit yang menyerang tulang belakangnya. Sehingga KH. As'ad Humam tidak mampu bergerak secara leluasa sampai sampai solatnyapun dilakukan sambil berbaring.

Karena tekad dan hatinya yang kuat, KH As'ad Humam dengan dibantu tim tadarusnya tetap bersemangat untuk menyeksaikan gagasan nyabtersebut dan menuangkannya dalam sebuah buku. Dalam penderitaan sakitnya tersebut KH. As'ad Humam akhirnya berhasil menyelesaikan gagasannya dalam sebuah buku yang kita kenal dengan Buku Iqro.

Dan sampai sekarangpun buku Iqro masih dipakai sebagai buku yang memberikan metode mudah dan cepat dalam belajar membaca Alquran. KH. As'ad Humam wafat pada tahun 1996 pada usia 63 tahun. Namun walau begitu, perjuangan dan ilmu yang dia terapkan ternyata bermanfaar untuk banyak orang dari usia muda sampai usia tua.

Itulah sekilas tentang KH. As'ad Humam sang penemu metode belajar membaca Alquran yang kita kenal dengan Buku Iqro. Walaupun beliau sudah wafat, namun ilmu yang diajarkan beliau lewat sebuah buku Iqro terus mengalir dan memberikan pahala yang besar bagi Beliau. Semoga KH As'ad Humam mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda dari Alloh SWT.






No comments:

Post a Comment