; Catatan Kita: Hewan Ini Hanya Tampangnya Saja Yang Menyeramkan Namun Tidak Berbahaya

Monday, May 6, 2019

Hewan Ini Hanya Tampangnya Saja Yang Menyeramkan Namun Tidak Berbahaya

catatan-kita.com - Hewan ini hanya tampangnya saja yang menyeramkan namun tidak berbahaya. Pernahkah kalian melihat seekor hewan yang sangat menyeramkan tampangnya,  dan bahkan dengan melihatnya saja kita sudah sangat ketakutan. Banyak sekali spesies hewan yang memiliki bentuk dan tampang menyeramkan dan juga sangat berbahaya. Begitpun sebaliknya ada juga hewan yang memiliki tampang menyeramkan akan tetapi tidak berbahaya seperti tampang yang mereka punya.

Kali ini catatan kita akan memberikan informasi tentang hewan hewan yang mempunyai tampang dan bentuk menyeramkan namun ternyata tidak berbahaya dan tidak bisa membunuh sama sekali. Dan ternyata hewan hewan dengan tampang menyeramkan ini merupakan hewan yang dilindungi dan terancam punah keberadaannya.

Berikut hewan hewan dengan tampang menyeramkan namun tidak berbahaya bagi manusia.

1. Penyu Belimbing

Gigi penyu belimbing ( foto: pekanbaru.tribunnews.com)

Hewan ini termasuk salah satu hewan yang dilindungi dan tergolong tidak berbahaya, bahkan hewan ini termasuk jinak jika berinteraksi dengan manusia. Akan tetapi di balik kejinakannya tersebut, ada sisi menyeramkan dari hewan ini jika kita melihatnya. Cobalah buka mulut dari penyu belimbing ini dan tentunya kalian akan kaget setelah melihat seluruh rongga mulutnya dipenuhi gigi tajam dari bagian depan sampai belakang.

Fungsi dari gigi tajam tersebut untuk membantu penyu belimbing menangkap dan mengoyak mangsanya yakni ikan ikan kecil yang dia tangkap di perairan. Bahkan saking banyaknya gigi yang dimiliki penyu belimbing ini, rongga tenggorokannya pun sampai tidak terlihat karena tertutup gigi tajam.

2. Hiu penjemur

Hiu belimbing menyaring mangsanya ( foto : sains.komoas.com)

Mendengar namanya saja sudah tentu kita beranggapan hiu ini adalah predator laut yang juga bisa mengancam keselamatan manusia. Dengan lebar rongga mulut yang bisa dibuka sampai kurang lebih 1 meter, sudah tentu kita akan sangat menghindari hiu ini. Karena beranggapan resiko kita akan dimangsa. 

Akan tetapi anggapan itu ternyata salah besar, walaupun hiu ini bisa membuka mulutnya sampai lebar karena memang hiu ini merupakan jenis hiu terbesar di dunia. Namun ternyata makanan atau mangsa yang dimakannya tidak lebih besar dari seekor plankton. Jadi jangankan menyersng atau memangsa manusia, makanannyapun tidak lebih besar dari ikan ikan kecil di lautan.

Kegunaan mulutnya yang bisa dibuka lebar ternyata untuk menyaring mangsa yang berukuran sangat kecil, sehingga untuk mengumpulkan mangsanya tersebut hiu penjemur kerap membuka mulutnya lebar lebar.

3. Gavial

Gavial ( foto : shutterstock.com)

Mungkin terdengar asing bagi kalian dan bahkan jarang sekali melihat hewan ini, tidak seperti sepupunya aligator dan buaya yang bisa berbahaya dan memangsa manusia. Gavial tidak akan mampu menyerang manusia atau hewan yang lebih besar daripada ikan seukuran lele sungai. 

Moncong kurusnya terlalu lemah untuk menyerang atau mencabik mangsa yang berukurang lebih besar daripada badannya sendiri. Maka dari itu gavial tidaklah berbahaya bagi manusia dan bahkan bisa menjadi alternatif hewan peliharaan yang unik dirumah.

4. Aye aye

Aye aye penghuni Madagaskar ( foto : sciencenews.org)

Hewan ini merupakan penghuni asli Pulau Madagaskar dan tidak berbahaya bagi manusia. Bahkan hewan ini sangat jinak jika berinteraksi dengan manusia. Aye aye hanya berbahaya bagi serangga serangga yang keluar di malam hari. 

Dengan jari tengahnya yang panjang dan tajam aye aye mampu menyoyak pohon dan menggali tanah untuk menangkap serangga sebagai makanannya. Namun sangat disayangkan, hewan aye aye ini banyak diburu dan dibunuh oleh manusia karena dianggap hewan yang menyeramkan dan berdampak buruk bagi kehidupan manusia. Mereka beranggapan tampang aye aye yang menyeramkan tersebut akan berdampak negatif jika tidak dibunuh.

5. Ular susu

Ular susu ( foto : ms.wikipedia.org )

Sekilas ular ini terlihat indah dan tampak berbahaya karena warna nya menandakan sebagai ular berbisa dan pembunuh. Namun untuk ular susu, ternyata tidak berbahaya dan tidak berbisa. Maka dari itu, ular ini memiliki teknik kamuflase yang sangat baik yakni dengan meniru warna atau wujud ular karang yakni ular paling berbahaya dari wilayah Amerika Utara.

Ciri fisik dari ular susu ini adalah garis garis merah yang sejajar dengan garis hitam dan putih. Namun apabila kalian melihat ular bergaris kuning yang sejajar dengan garis garis merah, maka kalian wajib menjauhinya karena itu merupakan ular karang pembunuh.

Itulah hewan hewan yang memiliki tampang menyeramkan namun tidak berbahaya bagi manusia. Hewan tersebut juga termasuk hewan yang dilindungi dan terancam punah. Walaupun tidak berbahaya, akan tetapi sebaiknyankita jangan menganggap spele semua jenis hewan yang ada di sekitar kita.





No comments:

Post a Comment