; Catatan Kita: Menakjubkan Inilah Hewan Yang Tidak Mudah Mati

Saturday, May 11, 2019

Menakjubkan Inilah Hewan Yang Tidak Mudah Mati

catatan-kita.com - Inilah hewan yang tidak mudah mati yang ada di seluruh dunia - Mungkin kita akan menyangka hewan tersebut adalah jenis mutan atau hewan yang mengalami evolusi. Namun faktanya hewan tersebut adalah hewan biasa yang memang mempunyai keistimewaan daya tahan tubuh yang kuat. Maka dari itu hewan hewan ini tidak akan mudah mati walaupun dibunuh dengan cara apapun.


Inilah hewan hewan yang tidak mudah mati sekalipun dalam cuaca super ekstrim. Kenapa demikian, dan mungkin terdengar sedikit mengerikan bukan. Hewan hewan yang tidak mudah mati ini tergolong ke dalam jenis serangga atau insektisida, hewan super kecil, dan hewan laut atau moluca ( hewan yang tidak bertulang belakang ).

Tentu sangat penasaran bukan hewan apa sajakah yang dimaksud dan bagaimana mereka bertahan hidup sehingga tidak mudah mati walaupum dalam keadaan cuaca sangat extrim sekalipun.

Inilah 3 hewan yang tidak mudah mati, bahkan tidak akan mati.

1. Kecoa

Kecoa adalah jenis serangga yang tidak mudah mati ( pict : kabariku.com )

Mendengar namanya saja, pasti banyak dari kita yang merasa geli dan jijik bukan. Dan yang lebih membingungkam ternyata hewan atau serangga pengganggu ini tidak mudah mati lho. Bayangkan jika dirumah kita banyak kecoa dan kalian sudah mengetahui fakta ini tentubakan sangat membuat kita jengkel bukan hehehe.

Sebenarnya kecoa termasuk ke dal hewan purba yang sudah ada sejak zaman Dinosaurus. Mereka telah hidup dan menjelajahi lubang lubang yang ada di bumi lebih dari 300 juta tahun, dan juga bisa selamat dari bencana alam yang membunuh seluruh populasi Dinosaurus pada masa itu.

Kecoa biasanya aktif dan mencari makan pada malam hari, dan biasanya kecoa menyukai tempat yang lembab seperti saluran pembuangan air, pipa pembuangan bahkan kamar mandi. Sudah tentu kita juga sering menemukan mereka di rumah bukan, danyang lebih hebatnya kecoa bisa tahan terhadap radiasi nuklir sekalipun.

Terdapat lebih dari 4.500 spesias kecoa yang ada dibseluruh dunia. Dan ada beberapa dari spesies tersebut tergolong berbahaya bagi manusia. Kecoa bisa bertahan hidup tanpa makan lebih dari 1 bulan, dan masih bisa bertahan hidup lebih dari seminggu walaupun kita sudah memisahkan kepala kecoa dengan badannya. Kecoa termasuk serangga yang memakan apa saja termasuk bulu mata manusia, mengerikan bukan fakta dari serangga kecoa ini.

2. Tardigrada


Tardigrada hewan abadi ( pict : id.wikipedia.org)

Dipastikan sebagian besar dari kita belum pernah melihat hewan ini secara kasat mata. Terang saja ukurannya yang super kecil bahkan tidak lebih besar dari ukuran sebuah tanda titik dari sebuah kalimat. Namun yang menakjubkan adalah hewan berkaki delapan ini mampu bertahan hidup dalam cuaca atau suhu di bawah nol derajat celcius.

Para ahli juga menemukan fakta bahwa hewan ini mampu bertahan hidup di bawah tekanan radiasi yang mematikan serta bertahan hidup walaupun tanpa minum selama sepuluh tahun lamanya. Selain itu tardigrada memiliki kemampuan bertahan dari cuaca kering maupun panas dan cuaca beku dengan menonaktifkan tubuh nya dan menggulung tubunya menjadi seukuran bola kecil seperti kotoran hidung.

Dalam keadaan seperti itu tardigrada tidak bisa dihancurkan, mereka akan hidup kembali jika berada di dalam air dan bahkan bisa menereuskan tidurnya seolah tidak hal buruk yang terjadi pada tubuhnya. Tardigrada bahkan bisa menonaktifkan tubuhnya tersebut selama lebih dari sepuluh tahun lamanya.

3. Ubur ubur abadi


Ubur ubur abadi ( pict : sains.me )

Hewan ini sebenarnya bukan ubur ubur seperti yang kita tahu pada umunya. Secara teknis hewan ini merupakan Hydrozoa, hewan ini berbentuk lonceng dan seperti bola jeli yang mirip ubur ubur yang sering kita temui di lautan.

Nama lain dari hewan ini adalah Turritopsis Nutricula, bisa dikatakan hewan ini bisa hidup abadi. Jika suatu kondisi alam memburuk hewan ini akan kembali ke tingkat paling awal pertumbuhannya dan akan memulai proses penuaan lagi dari nol. Bisa dibayangkan bukan, hal ini seperti layaknya kamu mereset tombol komputer atau selayaknya kita kembali ke waktu bayi.

Itulah tiga hewan yang tidak mudah mati dan tahan terhadap berbagai kondisi ekstrim di dunia. Sejatinya banyak sekali hewan hewan yang unik yang hidup di dunia ini.








No comments:

Post a Comment