; Catatan Kita: Tips Sukses Menjadi Youtuber Hindari 4 Hal Ini

Saturday, June 1, 2019

Tips Sukses Menjadi Youtuber Hindari 4 Hal Ini

catatan-kita.com - Tips sukses menjadi youtuber hindari 4 hal ini - Menjadi seorang youtuber dalam beberapa tahun terakhir sudah menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Situs berbagi video ini telah menjadi sarana yang cukup signifikan untuk mendapatkan pundi pundi rupiah, bahkan akhir akhir ini banyak juga artis maupun selebriti lebih aktif membuat konten di youtube.


Hindari 4 hal ini

Sebagai contoh sebut aja Deddy Corbuzier, Baim Wong, Raffi Ahmad dan artis artis lainnya. Mereka lebih aktif dan membuat konten menarik di youtube yang tak kalah menarik dari seorang youtuber sukses Atta Halilintar. Berbagai konten video menarik tekah mereka suguhkan dan dengan mudah mendapatkan banyak penonton serta subscriber.

Lalu apakah kita yang hanya orang biasa bisa menjadi seorang youtuber sukses seperti mereka? Jawabannya tentu saja bisa. Banyak youtuber sukses yang bermula dari iseng berbagi video, dan bahkan adapula yang menjadikan youtube sebagai sarana mendapatkan penghasilan utama. Sebagai contoh kita bisa lihat chanel youtube yang viral yakni Pak Ndul ( Wagu Waton Guyon ) yang hanya dalam waktu 3 bulan sudah mendapatkan jutaan viewer dan ratusan ribu subscriber

Namun untuk menjadi seorang yotlutuber sukses tidak serta merta semudah membalikan telapak tangan. Ada kiat kiat tertentu yang harus dilakukan dan adapula beberapa aturan yang tidak boleh dilanggar. Kali ini catatan kita akan membagikan tips sukses menjadi seorang youtuber dan hindari 4 hal dibawah ini agar chanel kita tidak melanggar kebijakan youtube.

4 hal yang harus dihindari seorsng youtuber agar menjadi seorang youtuber sukses.

1. Membeli Subscriber secara instan

Zaman sekarang bukanlah hal sulit untuk membangun sebuah akun media sosial menjadi sebuah akun yang dikenal atau populer. Banyak jalan pintas untuk menjadikan akun media sosial kita populer. Tidak menutup kemungkinan juga sebuah chanel youtube bisa mendapatkan ribuan bahkan jutaan subscriber dalam waktu singkat.

Caranya yakni dengan membeli subscriber dari pihak ketiga. Namun sudah tentu, subscriber yang kita beli bukan merupakan subscriber alami atau akun youtuber orang asli. Melainkan subscriber dari akun akun robot yang dibuat sedemikian rupa untuk menambah kuatity subscriber chanel youtube kita. Sudah tentu cara seperti ini sangat tidak disukai pihak youtube, algoritam youtube yang selalu update setiap saat akan mengetahui dari mana subscrieber setiap channel berasal.

Maka jika ingin menjadi seorang youtuber sukses dan mendapatkan subscriber yang alami hindari membeli subscriber dari pihak ketiga. Hal ini juga beresiko akun youtube kita akam di baned oleh youtube dikemudian hari. Tentunya akan sangat rugi bukan jika akun youtube kita sudah menghasilkan uang namun ditengah jalan akun kita di baned karena masalah subscriber yang tidak murni.

2. Sub 4 Sub

Hal kedua.yang harus dihindari oleh youtuber pemula adalah sub 4 sub. Mungkin ada dari kita yang baru mendengar istilah ini, sub 4 sub adalah suatu aktifitas saling subscribe antar chanel. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan subscriber secara cepat. Apalagi dengan adanya peraturan baru youtube yang mengharuskan sebuah chanel mendapatkan minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam jangka waktu satu tahun terakhir bila chanel kita ingin di monetisasi.

Kegiatan Sub 4 Sub jelas sekali sangat dilarang dan melanggar kebijakan youtube, maka jika chanelmu ingit awet dan menjadi chanel besar secara alami hindarilah aktifitas ini. Seperti kita ketahui algoritma youtube akan dengab mudah mendeteksi aktititas yang diluar kebijakan atau melanggar aturan youtube. Selain sub 4 sub kegiatan lain yang serupa adalah view 4 view, yakni kegiatan antar chanel yang melakukan view demi mendapatkan view balasan dari chanel lain.

3. Menyebarkan link secara agresif atau spam

Secara aturan resmi dari youtube, menyebarkan link video atau berbagi video youtube ke media sosial lainnya memang tidak melanggar. Namun jika hak tersebut dilakukan secara agresif atau terus menerus setiap waktu maka aktifitas tersebut akan dianggap spam oleh media sosial tempat kita menyebarkan link video youtube kita.

Hal ini karena sebagian dari pengguna media sosial adakalanya tidak suka jika beranda mereka dihiasi dengan berbagai link video youtube. Terkadang ada juga beberapa pengguna media sosial langsung melakukan report terhadap akun yang terus menerus menyebarkan link video. Maka dari itu hindari menyebarkan link video youtube kita secara agresif, boleh dilakukan namun hanya pada waktu waktu tertentu saja agar pengguna sosial lainnya tidak merasa terganggu.

4. Melakukan reupload atau memakai konten berhak cipta

Hal terkahir yang harus dihindari adalah melakukan reupload atau memakai kontem milik orang lain. Memakai konten milik orang lain baik itu yang free sekalipun sangat tidak dianjurkan, apalagi konten tersebut memang mempunyai lisensi dan berhak cipta. Saat ini memang mash banyak chanel youtube yang melakukan reupload, namun pihak youtube memberikan sanksi tegas terhadap chanel tersebut dengan melakukan baned masal atau dismonetisasi.

Alangkah rugi bukan jika chanel kita sudah menghasilkan uang dan tiba tiba kena dismonetisasi dari youube sebelum uang tersebut di transfer ke rekening kita. Maka sebaiknya buatlan konten atau video original buatan kita sendiri, walaupun sepi penonton lambat laun akan ramai juga. Pada intinya ketekunan dan kesabaran akan membuahkan hasil yang maksimal.

Selain itu youtube juga memberikan kelonggaran dengan aturan fair use yang bisa kita gunakan untuk membuat konten ori yang menarik. Dan juga memnggunakan musiknatau backsound yang bebas lisensi yang bisa kita download dari berbagai situs penyedia musik gratis.

Itulah tips yang harus dihindari youtuber pemula dalam membangun sebuah chanel youtube. Intinya kerja keras dan usaha yang kita jalani tidak akan mengkhianati hasil yang kita dapatkan. Selamat berkarya.





No comments:

Post a Comment