; Catatan Kita: Usaha Rumahan Sederhana Untuk Tambahan Penghasilan

Monday, June 24, 2019

Usaha Rumahan Sederhana Untuk Tambahan Penghasilan

Catatan kita - Usaha rumahan sederhana untuk tambahan penghasilan. Sahabat catatan kita yang budiman, sampai saat ini bekerja sebagai karyawan masih menjadi pilihan sebagian banyak masyarakat untuk mendapatkan penghasilan. Namun tidak dipungkiri seiring waktu kebutuhan setiap orang tentunya akan bertambah. Misalnya saja ketika sesorang belum menikah mungkin kebutuhan nya tidak sebesar ketika sesorang sudah menikah. Maka dari itu bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah selain penghasilan bekerja sebagai karyawan.


Salah satu solusi nya adalah menjalankan usaha rumahan sederhana untuk tambahan penghasilan. Apalagi pada era modern seperti ini promosi pun bisa dilakukan dari rumah hanya dengan menggunakan handphone saja. Tentunya selain bekerja sebagai karyawan, kita juga bisa menjalankan usaha rumahan sederhana untuk tambahan penghasilan. Ada banyak jenis usaha rumahan yang bisa dilakukan sambil bekerja tanpa harus pusing mengatur waktu. Selain itu kita juga bisa libatkan orang rumah untuk membantu menjalankan usaha rumahan sederhana dan mendapatkan tambahan penghasilan.

Lalu apa saja usaha rumahan yang cocok untuk kita yang berstatus sebagai karyawan, nah disini catatan kita akan memberikan beberapa rekomendasi usaha rumahan sederhana untuk tambahan penghasilan serta bisa dilakukan oleh karyawan sekalipun.

Rekomendasi usaha rumahan sederhana untuk karyawan

Beberapa usaha rumahan yang sangat mungkin untuk dikerjakan oleh karyawan haruslah yang tidak terlalu rumit dan memakan waktu. Karena sejatinya usaha rumahan ini dijalankan untuk tambahan penghasilan saja, namun jika memang usaha tersebut dirasa mempunyai peluang yang bagus dimasa mendatang tidak ada salahnya kita kembangkan sedikit demi sedikit dan pada akhirnya kita bisa menjadi pengusaha sepenuhnya, menjalankan usaha sendiri dan berhenti menjadi karyawan.

Inilah beberapa rekomendasi usaha rumahan sederhana yang cocok untuk karyawan :

Warung Kelontong

Contoh usaha rumahan warung ( foto by : catatan kita ) 

Mendengar namanya saja pasti kita sudah tidak asing lagi kan dengan usaha rumahan tersebut. Memang sudah banyak yang menjalankan usaha ini, namun bila kita jeli melihat peluangnya maka tidak ada salahnya kita menjalankan usaha rumahan tersebut. Selain modal yang tidak terlalu besar usaha ini terbilang santai dan bisa dijalankan oleh siapa saja. Misalkan jika bekerja dikantoran usaha rumahan warung kelontong bisa dikelola oleh istri atau orang rumah. Pastikan juga lokasi nya memang cocok dan tidak terlalu berdekatan dengan warung kelontong lainnya.

Agen pulsa dan pembayaran elektronik

Usaha ini juga sudah banyak dimana mana, akan tetapi sekali lagi usaha ini sangat cocok untuk kita yang tinggal di daerah perkampungan. Agen pulsa atau agen pembayaran elektronik lainnya seperti listrik, PDAM, pembayaran line telepon atau internet sangat membantu warga sekitar untuk bertransaksi. Usaha rumahan ini cocok digabung secara bersamaan dengan usaha warung kelontong.

Menjadi Dropshiper Jualan Online



Sebagaimana disebutkan tadi, pada era modern seperti ini kebanyak orang meebeli kebutuhannya dengan cara online. Selain simple dan hanya tinggal duduk dirumah saja pembeli merasa nyaman dan tidak harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli suatu barang. Usaha rumahan ini bisa dijalankan sambil bekerja, kita hanya perlu promosi lewat media sosial, marketplace, atau bila ada dana tambahan kita juga bisa memasang iklan dengan cara mempromosikan jualan kita lewat facebook ads atau google ads.

Menjalan usaha rumahan dropship tidak harus mengeluarkan modal untuk stok barang, kota hanya perlu mencari suplier sebanyak banyaknya dan promosikan jualan kita. Jika ada pembeli kita cukup pesan kesuplier dan barangpun akan dikirim suplier atas nama kita kepada pembeli. Kita hanya menerima order dan uang penjualan dari pembeli selanjutnya urusan suplier lah yang mengirim barang. Usaha ini juga berpeluang bagus kedepannya, bila kita sudah banyak pelanggan kita bahkan bisa menjadi suplier.

Jualan makanan olahan


 Olahan pisang nugget (foto : cnnindonesia.com )

Rekomendasi usaha rumahan lainnya adalah jualan makanan olahan, usaha ini memang memerlukan tambahan waktu dan tenaga. Jadi sebaiknya bila menjalan usaha ini kita harus persiapkan tenaga kerja untuk membantu kita menjalan proses produksi dan pemasaran. Selain itu tentunya usaha ini membutuhkan modal yang lumayan besar. Ada dua kategori usaha rumahan seperti ini, yakni secara franchise atau produksi sendiri. Jika beli franchse kita tidak terlalu repot mempersiapkan segala macam keperluannya. Namun jika produksi sendiri kita harus menyisihkan waktu lebih.

Beberapa contoh usaha rumahan seperti ini misalnya usaha jual kebab turki, Fried Chicken, minuman ringan seperti Thai Tea dan lain lain. Jika kita berani mengeluarkan modal sebaiknya membuat produk sendiri. Misalnya membuat makanan olahan pisang, nuget pisang, atau bahan bahan lain yang bisa diolah menjadi makanan yang digemari masyarakat untuk camilan.

Itulah beberapa rekomendasi usaha rumahan sederhana untuk tambahan penghasilan, tentunya masih banyak contoh contoh usaha rumahan lain yang belum kita bahas disini. Intinya kita harus membuat ide kreatif yang bisa menjadi daya tarik supaya usaha rumahan kita berjalan panjang dan berkembang dari waktu ke waktu.

No comments:

Post a Comment