; Catatan Kita: PRIA INI NEKAD MUKBANG SESAJEN DI TENGAH HUTAN! DAN AKHIRNYA JADI BEGINI

Thursday, October 15, 2020

PRIA INI NEKAD MUKBANG SESAJEN DI TENGAH HUTAN! DAN AKHIRNYA JADI BEGINI

Di era milenial seperti ini adat atau budaya dari zaman dulu masih tetap dilakukan oleh sebagian besar masyarakat terutama di daerah tertentu. Termasuk salah satunya yakni adat atau budaya menyimpan atau memberikan sesajen sebagai bentuk rasa terimakasih.


Sesajen atau sajen itu sendiri artinya adalah sejenis persembahan kepada dewa atau arwah nenek moyang pada upacara adat dikalangan penganut kepercayaan kuno di Indonesia. (Wikipedia).


Namun dalam ajaran Islam hal tersebut sudah termasuk syirik. Tentunya tergantung niat kita bagaimana. Karena di beberapa daerah di Indonesia pemberian sesajen tersebut ada yang sudah menjadi adat istiadat setempat dan wajib dilakukan pada waktu waktu tertentu sebagai wujud rasa syukur kepada sang pencipta.


Sesajen sendiri biasanya memberikan beberapa makanan yang biasa kita makan sehari hari atau makanan khusus yang sudah diwajibkan dalam tradisi turun temurun, seperti halnya kepala kerbau, kepala kambing, atau makanan sehari hari seperti beras, buah buahan, kopi, rokok dan ditambah bunga bungaan serta kemenyan.


Selain tradisi atau adat istiadat ada juga masyarakat yang memberikan sesajen atau menyimpan sesajen di tempat yang dianggap angker sebagai upaya agar masyarakat tidak diganggu oleh penunggu tempat tersebut.


Bicara mengenai sesajen, beberapa hari yang lalu semapt viral salah seorang youtuber yakni Dede Inoen yang memposting video memakan sesajen yang ada di tengah hutan. Dalam video yang berjudul "Mukbang Sesajen Pesugihan di Tengah Hutan" dan sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 1.7 juta view di channel youtube Dede Inoen.


Source of pict Youtube Dede Inoen


Awalnya Youtuber tersebut berjalan di tengah hutan dan mulai memberikan keterangan bahwa di hutan banyak yang hisa kita makan untuk bertahan hidup. Dia pun memakan batang pohon aren, hingga menangkap belalang untuk di makan. Dan setelah menyusuri hutan dia menemukan beberapa makanan yang disimpan dibawah pohon. 


Makanan tersebut terdiri dari telor bebek, pisang, ayam goreng, kelapa dan tak lupa ada juga rokok serta bunga dan kemenyan. Saat menemukan makanan atau sesajen tersebut bukannya menghindar dia malah terkesan mereview sesajen tersebut sebelum akhirnya memakan sesajen tersebut. Dan tak lupa dia juga berbagi sesajen tersebut dengan kameramennya.


Dengan lahap nya dia mukbang sesajen di tengah hutan dan memang makanan tersebut terlihat belum lama disimpan di bawah pohon tersebut. Jadi masih layak di makan tuturnya. Setelah memakan sesajen dia tetap melanjutkan perjalannnya dihutan dan situasi nya normal tidak terjadi apa apa.


Sampai saat ini video tersebut sudah mendapat 1.7 juta view lebih dan ribuan komentar serta like dari netizen. Dan juga aada sebuah komentar yang memang sangat setuju dengan video Dede Inoen tersebut. Komentar tersebut dari Ki Prana Lewu yang memang mengajarkan bahwa sesajen tersebut adalah sebuah syirik terhadap Alloh SWT. Ki Prana Lewu juga berpesan jika beliau melihat seperti itu dia juga akan menendangnya.



Sumber : Youtube Dede Inoen

No comments:

Post a Comment