; Catatan Kita: Rahasia Dasar Menulis Copywriting di Instagram Langsung Deal

Monday, October 19, 2020

Rahasia Dasar Menulis Copywriting di Instagram Langsung Deal

 


Instagram adalah salah satu media sosial berbagi foto dan video yang sangat populer di masa kini. Jutaan orang menggunakan sosial media Instagram untuk membagikan cerita, pengalaman, gaya hidup bahkan menjual produk. Tak bisa dipungkiri di era digital seperti ini Instagram merupakan salah satu sosial media yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan.

Tapi apakah cukup hanya dengan mengunggah foto  atau video produkmu begitu saja dan menunggu pembeli datang. Tentunya ada strategi khusus yang harus kita gunakan untuk mempromosikan produk jualanmu di Instagram. Salah satu hal yang penting dalam membuat konten promosi produk adalah menulis Copywriting. 


Arti dan Manfaat Copywriting

Copywriting adalah sebuah tulisan yang menjelaskan detail, promosi, atau penjelasan tentang sebuah produk yang akan dijual. Jika kita memiliki sebuah bisnis, tentunya akan ada kompetitor yang mempunyai produk serupa dengan kita. Maka dari itu hal yang harus kamu lakukan untuk membedakan produk atau jasa yang kamu jual dengan produk kompetitor adalah dengan menulis copywriting untuk produkmu sendiri.

Copywriting sangat membantu meningkatkan omset jualanmu karena copywriting memiliki manfaat sebagai berikut : 

- Menyampaikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

- Membuat calon konsumen tertarik dengan pesan yang kamu sampaikan serta relevan dan tidak mengada ngada.

- Memberitahu bahwa produk yang kamu jual adalah sebuah solusi untuk masalah yang dialami oleh calon konsumen.

- Menarik perhatian calon pembeli


Rahasia Dasar menulis Copywriting

Copywriting memiliki 3 bagian penting yang saling berkaitan dan wajib disertakan jika kamu ingin menulis copywriting. Ketiga bagian itu adalah : 


Tiga Anatomy Penting Dalam Menulis Copywriting

1. Headline

Bisa dikatakan sebagai faktor yang paling penting dalam sebuah copywriting. Headline sangat menentukan apakah calon pembeli tertarik dengan iklan produkmu atau tidak. Bisa dikatakan headline dalam copywriting adalah Iklan nya Iklan anda.

2. Body

Body merupakan isi dari copywriting tersebut, jika pembeli tertarik dengan headline yang kamu buat maka otomatis pembeli akan membaca seluruh isi atau body copywriting yang kamu buat. Dalam membuat isi dari copywriting tentunya harus jelas, relevan, menarik perhatian, dan tidak bertele tele. Maka sebaiknya dalam body itu tertuang hal hal sebagai berikut :

- Alasan

Berikan sebuah alasan kenapa pembeli harus membeli produk kamu. Dalam hal ini berilah aalsan yang relevan dan sesuai dengan masalah atau kebutuhan calon pembeli

- Promosi

Berikan penawaran yang membuat calon pembeli tertarik membeli produkmu. Misalkan berikam diskon khusus.

- Bonus

Berikan bonus menarik agar calon pembeli lebih bersemangat lagi membeli produkmu. Bonus bisa berupa soivenir atau produk kamu yang lain yang nilainya paling rendah.

- Penawaran Ekslusif

Untuk sebagian orang mendapatkan penawaran ekslusif merupakan sebuah kebanggan dan hal yang sangat penting. Misalnya, penawaran spesial untuk yang berulang tahun di tanggal 10.

- Garansi

Berikanlah garansi yang pasti supaya calon pembeli yakin dan cepat mengambil keputusan. Misalnya produk yang kamu jual adalah skincare, berikan garansi uang kembali jika produk kamu tidak memberikan efek atau merusak kulit.

3. Closing

Closing adalah penutup dalam sebuah copywriting. Ada dua hal yang harus kamu tegaskan dalam closing yakni :

- Call to Action

Pesan yang disampaikam kepada calon pembeli harus tersampaikam dengan baik dan berilah sebuah kalimat atau perintah yang membuat pelanggan dapat mengambil keputusan untuk melakukan langkah selanjutnya.

- Scarcity / Keterbatasan

Hal terakhir ketika kamu menawarkan suatu produk berikan batasan waktu atau promo atau penawaran agar calon pembeli cepat dalam mengambil keputusan. Misalnya "Promo diskon 50% hanya untuk 100 pelanggan pertama s.d tanggal 5 Januari 2021".


Itulah rahasia dasar dalam menulis copywriting yang sangat bermanfaat untuk mempromosikan produk kamu dan membedakan produk atau jasa yang kamu jual dengan produk kompetitor. Selanjutnya bagaimana tips dan trik dalam memulis copywriting, akan dibahas dalam artikel selanjutnya.

No comments:

Post a Comment